Ketahui Pakan Gurami yang Berkualitas

Pertanianku — Pakan menjadi faktor penting untuk menunjang pertumbuhan ikan yang optimal. Pakan gurami yang berkualitas bisa memberikan penambahan bobot ikan harian yang maksimal. Namun, terkadang dalam proses budidaya pemberian pakan menjadi kendala. Hal ini karena terkadang kualitas pakan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan.

pakan gurami
foto: pertanianku

Pakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi ikan bisa menyebabkan laju pertumbuhan ikan menurun. Akibatnya, proses produksi jadi berjalan lebih lambat tidak sesuai dengan harapan. Selain pakan gurami yang berkualitas, Anda juga perlu memberikan pakan dengan benar.

Berikan pakan yang berkualitas dengan kuantitas yang tepat. Pemberian pakan dalam jumlah banyak bisa menyebabkan pemborosan serta merusak kualitas air. Namun, pemberian pakan yang kurang dapat menyebabkan pertumbuhan ikan menjadi teratas.

Loading...

Kualitas pakan yang diberikan akan sangat memengaruhi limbah yang dikeluarkan oleh ikan. Pakan merupakan sumber energi dan materi yang dibutuhkan oleh ikan untuk tumbuh. Oleh karena itu, pakan berpengaruh pada laju pertumbuhan, kesehatan, kelangsungan hidup, reproduksi ikan, dan hasil limbah yang dikeluarkan ikan.

Konservasi pakan yang digunakan oleh pembudidaya sangat berhubungan dengan laju pertumbuhan ikan. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu konservasi pakan yang dibutuhkan selama budidaya gurami agar menghasilkan tingkat produksi yang baik.

Setelah penjelasan di atas, pemberian pakan gurami yang berkualitas sangat penting untuk menunjang keberhasilan budidaya. Salah satu cara untuk mengetahui kualitas pakan yang Anda gunakan adalah melihat dari nilai konversi pakan yang biasanya tertera di kemasan.

Selain itu, pakan berkualitas biasanya memiliki ciri-ciri umum yang bisa dikenali saat Anda menggunakannya. Pakan berkualitas tidak mudah hancur di dalam air, minimal bisa bertahan selama 10 menit di dalam air. Jika Anda menggunakan pakan tenggelam, pakan berkualitas biasanya tidak mudah cepat sampai di dasar. Pakan akan melayang di dalam air selama beberapa saat.

Baca Juga:  Resep Olahan Makanan dari Rumput Laut yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

Aroma pakan juga bisa menentukan kualitas pakan. Pakan berkualitas biasanya memiliki aroma yang disukai oleh ikan sehingga mampu merangsang nafsu makan ikan. Pakan yang kurang baik ialah tidak memiliki aroma yang disukai oleh ikan sehingga tidak mampu merangsang nafsu makan ikan.

Pakan berkualitas biasanya memiliki daya simpan yang cukup lama, maksimum selama 2 bulan. Selama masa penyimpanan kualitas pakan tidak akan berubah.

 

Loading...
Loading...