Ketahui Pengendalian Penyakit dan Hama Pohon Lengkeng Matalada

Pertanianku — Hama pohon lengkeng matalada adalah kelelawar. Banyak hobiis buah yang mengaku telat memanen dan buahnya sudah lebih dahulu dimakan oleh kelelawar. Hewan nokturnal ini juga bisa menyerang tabulampot lengkeng yang berada di perkotaan.

pohon lengkeng matalada
foto: Pertanianku

Petani lengkeng di dataran tinggi Ambarawa biasanya menggunakan brongsong, alat pembungkus buah yang terbuat dari anyaman bambu untuk melindungi buah dari serangan kelelawar. Tak jarang, banyak petani yang menjual buah lengkeng sekaligus beserta brongsong yang masih melindungi buah.

Hama kelelawar tidak bisa diatasi dengan pembungkus buah yang biasa dipakai untuk melindungi buah jambu air. Pasalnya, kelelawar tetap bisa memakan buah yang sudah dibungkus dengan pembungkus buah biasa.

Buah lengkeng benar-benar bisa terlindungi dari kelelawar dengan brongsong. Kelelawar tidak akan bisa memakan buah karena pelindung brongsong yang cukup keras bagi mulut kelelawar.

Selain kelelawar, ada juga hama ulat pemakan pucuk daun yang sering ditemukan pada pohon lengkeng. Sebenarnya, ulat pemakan pucuk daun bukan merupakan hama yang berbahaya. Ulat ini hanya membuat bagian pucuk menjadi rusak dan kering. Namun, untuk lengkeng yang berada di tabulampot, hama ini dapat membuat penampilan pohon menjadi tidak menarik.

Anda bisa mengendalikan hama ulat secara manual, yaitu dengan membuang ulat yang terlihat di pohon. Jika hama ini dibiarkan begitu saja hingga jumlahnya menjadi sangat banyak di pohon lengkeng, keberadaan hama ulat ini dapat menjadi bahaya yang serius bagi pohon. Oleh karena itu, meski tidak berbahaya, keberadaan ulat harus tetap dipantau.

Pohon lengkeng termasuk pohon buah yang tahan terhadap hama penggerek karena batangnya yang kuat. Begitu pun dengan serangan penyakit, hingga saat ini masih jarang ada pohon lengkeng yang terkena serangan penyakit yang serius. Namun, Anda tetap perlu merawatnya dengan benar agar pohon tidak terjangkit penyakit.

Baca Juga:  Gula Kelapa, Produk Turunan Kelapa yang Gemilang di Masa Pandemi

Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai adalah antraknosa. Penyakit ini disebabkan oleh Collectoricum gleosporoides yang menyerang buah dan daun. Pengendalian penyakit antranoksa dapat dilakukan dengan memusnahkan pohon yang sudah terjangkit penyakit, menjaga sanitasi kebun dengan baik, dan menggunakan fungisida sesuai dengan anjuran.

Agar berhasil saat bertanam lengkeng matalada, Anda bisa mendapatkan hal-hal yang diperlukan untuk mengendalikan hama dan penyakit lengkeng matalada di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam keperluan bertanam lengkeng matalada. Mulai dari bibit dan benih tanaman, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.


loading...