Ketahui Ragam Jenis Tanaman Hias

Pertanianku — Beragam jenis tanaman hias dapat dikelompokkan berdasarkan daya tarik utamanya. Ada jenis tanaman hias yang dipilih karena memiliki bunga yang menawan. Ada juga jenis tanaman yang digunakan untuk mempercantik ruangan atau halaman karena bentuk daunnya yang rupawan. Apa bedanya?

Tanaman hias bunga

Jenis tanaman hias
Foto: pixabay

Bisa dibilang, bunga merupakan daya tarik utama sebuah tanaman berbunga. Hal ini karena bentuk dan warnanya yang menggoda mata. Selain itu, beberapa tanaman hanya dapat berbunga di waktu tertentu sehingga menimbulkan kesan istimewa tersendiri.

Loading...

Ada jenis tanaman yang dapat berbunga sepanjang tahun. Ada pula jenis tanaman yang hanya berbunga di waktu tertentu. Tanaman ini biasanya tergantung pada musim, waktu, hingga lingkungan yang memadai. Selain itu, tidak semua tanaman memiliki bunga yang indah.

Beberapa jenis tanaman yang dapat berbunga tanpa mengenal musim adalah kembang merak (Caesalpinia pulcherrima), sikat botol (Callistemon citrinus), dan bugenvil (Bougainvillea sp.). Tanaman ini berbeda dengan bunga kecrutan (Spathodea campanulata) dan bunga falmboyan (Delonix regia).

Musim tak hanya memengaruhi berbunga atau tidaknya suatu tanaman. Ada jenis tanaman yang akan lebat saat musim tertentu dan tetap berbunga walaupun tidak lebat di musim lainnya. Misalnya adalah tanaman bungur dan melati.

Tips memilih tanaman hias berbunga dapat disesuaikan dengan keinginan. Bila Anda lebih senang tanaman dengan warna bunga yang kuat, pilihlah tanaman yang berbunga secara musiman. Selain itu, bila Anda ingin tanaman yang selalu berbunga, pilihlah tanaman yang berbunga tanpa mengenal waktu.

Tanaman hias daun

Jenis tanaman hias
Foto: pixabay

Tidak semua tanaman menghasilkan bunga yang indah. Pada tanaman hias daun, yang ditonjolkan adalah keindahan daunnya. Mulai dari bentuk daun, warna daun, hingga keunikan daun lainnya. Biasanya, jenis tanaman hias ini lebih digemari karena lebih tahan lama ketimbang tanaman hias bunga. Keindahan daun bisa dinikmati sepanjang usia tanaman tersebut.

Beberapa jenis tanaman hias daun yang direkomendasikan adalah cemara kipas (Thuja occidentalis), bromelia (Neoregelia sp.), kaktus, dan berbagai jenis tanaman sirih (Epipremnum sp.). Jenis tanaman ini juga relatif lebih mudah dalam penanaman dan perawatannya.

 

Loading...
Loading...