Ketahui Tanda-tanda Anjing Betina akan Menstruasi dan Siap Dikawinkan

Pertanianku — Anjing betina yang sehat memiliki fase menstruasi setiap 6 bulan sekali. Anjing menstruasi selama 21 hari. Untuk mengetahui apakah anjing sudah memasuki masa menstruasi atau belum, Anda harus melakukan pengecekan selama 1 minggu sekali.

anjing menstruasi
foto: pixabay

Pemantauan tanggal menstruasi berguna untuk menentukan masa subur untuk pemacakan.  Waktu yang tepat untuk melakukan pemacakan adalah hari ke-9 sampai dengan hari ke-14 dari hari pertama masa loops.

Anjing yang sedang menstruasi akan mengalami pembengkakan pada bagian vaginanya. Selain itu, akan terlihat darah yang keluar dan jatuh dari vaginanya. Darah yang keluar dari vagina tersebut akan berwarna merah tua, lalu berubah menjadi merah muda dan pada akhirnya berubah menjadi kekuningan.

Loading...

Ketika darah sudah berubah menjadi kekuningan, pada saat itulah pemacakan sudah bisa digunakan. Biasanya, masa subur anjing masuk di hari ke-11 sampai dengan hari ke-17. Namun, hanya ada 3 hari yang cocock digunakan untuk pemacakan, yakni pada hari ke-11 sampai dengan hari ke-13.

Anjing betina akan mengakhiri masa menstruasi dari hari ke-18 hingga hari ke-21. Pada saat itu, anjing betina sudah tidak bergairah untuk melakukan pemacakan. Meskipun, anjing jantan masih tertarik. Anjing betina akan menolak rayuan jantan dengan cara menggeram, bahkan hingga menggigitnya.

Ketika anjing jantan dan anjing betina melakukan pemacakan, kondisi kedua anjing tersebut harus sehat dan baik agar mampu menghasilkan keturunan yang sehat juga. Pastikan anjing sudah diberikan vaksin dan obat cacing.

Untuk memastikan waktu yang tepat untuk pemacakan, Anda bisa melakukannya melalui tiga cara, yaitu dibawa ke dokter, melihat dari perilaku anjing, dan gunakan anjing jantan untuk mengetahui kesiapan anjing betina untuk dipacak. Anjing betina yang sudah siap kawin akan lebih jinak jika didekati oleh anjing jantan.

Baca Juga:  Ini Alasannya Penyu Harus Diselamatkan

Anjing betina yang sudah siap kawin biasanya akan genit, suka mendekat, dan berusaha untuk menarik perhatian anjing pejantan. Jika Anda pegang atau sekadar mencolek bagian tubuh belakang di sekitar kelamin anjing betina, anjing tersebut melipat ekornya ke samping kanan dan kiri, artinya sudah siap dikawinkan.

 

 

Loading...
Loading...