Ketahui Tanda Tomat Siap Panen

Pertanianku — Pemanenan yang dilakukan tepat waktu akan menghasilkan buah yang baik. Meskipun sudah ada beberapa panduan untuk menentukan masa panen tomat, tidak jarang masa panen masih cukup sulit untuk dikenali. Cara yang paling mudah untuk mengetahui masa panen adalah dengan mengamati beberapa tanda-tanda tomat siap panen yang akan dibahas seperti berikut.

tanda tomat siap panen
foto: pixabay

Cara penentuan panen

  • Secara visual, Anda dapat mengamati perubahan yang terjadi pada buah yang terlihat pada warna kulit dan ukuran buah. Selain itu, buah masih memiliki sisa tangkai putik, beberapa tangkai daun tua akan mengering, dan tubuh tanaman akan mengering.
  • Secara fisik, Anda dapat mengamati mudah atau tidaknya buah itu terlepas dari tangkainya dan berat jenisnya.
  • Secara analisis kimia, Anda dapat mengamati dengan melihat kandugan zat padat, zat asam, lalu bandingkan kedua zat tersebut, dan kandungan zat pati.
  • Secara perhitungan, Anda dapat melakukan penghitungan jumlah hari setelah bunga mekar dalam dengan tanggal berbunga.
  • Secara fisiologi, Anda dapat memerhatikan proses respirasi yang terjadi pada tanaman.

Fase kematangan buah

Loading...

Kematangan buah merupakan patokan yang selalu digunakan dalam menentukan waktu panen yang tepat. Kematangan buah juga menjadi patokan petani untuk menentukan penangan pascapanen dari buah, apakah langsung didistribusikan atau disimpan terlebih dahulu. Fase kematangan buah terbagi atas tiga fase berikut.

  • Fase hijau masak

Fase ini ditandai dengan permukaan kulit berwarna kuning gading pada bagian ujung buah. Pemanenan pada masa ini sangat cocok untuk buah yang akan didistribusikan ke tempat yang cukup jauh sehingga membutuhkan waktu distribusi yang lama.

  • Fase masak pecah warna

Pada fase ini ditandai dengan warna kulit buah yang berwarna merah, tetapi masih terdapat warna hijau pada pangkal buah. Buah yang dipanen pada fase ini sebaiknya didistribusikan untuk tempat yang tidak terlalu jauh dari perkebunan.

  • Fase matang sempurna
Baca Juga:  Mengatasi Serangan Lalat Buah Jambu Air Madu Deli, Bikin Jambu Jadi Busuk!

Pada fase ini buah memiliki warna kulit merah jambu pada seluruh permukaan, tetapi keadaan buah tidak lunak. Pada fase ini sebaiknya buah dipasarkan langsung atau didistribusikan pada tempat yang tidak jauh dari perkebunan.

Loading...
Loading...