Ketahui Tingkat Kemasakan Buah Mangga

Pertanianku — Panen harus dilakukan di waktu tepat agar buah yang dihasilkan optimal sehingga bisa dinikmati atau dijual. Biasanya panen dilakukan pada saat buah sudah masak. Tingkat kemasakan buah mangga bisa dibedakan berdasarkan umur, ukuran buah, dan kandungan gula beserta asamnya. Simak ulasan berikut.

kemasakan buah mangga
foto: pertanianku

Berdasarkan umur

Tingkat kemasakan buah mangga berdasarkan umur bisa dibedakan berdasarkan tingkatan: buah kecil, buah muda, buah peralihan, dan buah tua. Tingkatan buah kecil merupakan buah yang berumur 21 hari setelah masa penyerbukan. Pada tingkat ini pertumbuhan sel buah sangat cepat, aktivasi respirasi (pernapasan) tinggi, kandungan air tinggi, dan perbandingan antara karbohidrat dan nitrogen atau rasio C/N rendah.

Loading...

Pada tingkatan buah muda, buah sudah berumur 22—49 hari. Pada saat ini, buah sudah mengalami pertumbuhan maksimum, perkembangan aroma dan aktivitas pernapasan sedang, serta perbandingan rasio C/N mulai meningkat.

Selanjutnya, tingkatan buah peralihan merupakan buah mangga yang berumur 49—79 hari. Pada saat ini, tingkat pernapasan rendah, kandungan gula sukrosa sedang, dan perbandingan C/N mulai meninggi. Terakhir, tingkatan buah tua, yaitu ketika buah mangga berumur 79 hari. Pada saat ini rasio C/N sudah sangat tinggi.

Berdasarkan ukuran

Jika diukur berdasarkan penampilan, tingkat kemasakan buah bisa dilakukan berdasarkan ukuran besar dan warna buah. Tingkat pertama, buah mangga masih memiliki garis punggung dengan pangkal tangkai, warna kulit hijau kekuningan, besar belum maksimum, dan aroma belum tercium.

Pada tingkat kedua, punggung dan perut buah mangga mulai membesar dengan warna kulit hijau kekuningan. Tingkat ketiga, punggung dan perut buah mangga membesar dengan warna kulit hijau mengilap hingga kuning.

Pada tingkat keempat, beberapa jenis mangga yang sudah masak ditandai dengan warna kemerahan pada kulit. Buah pada tingkat ini akan memiliki warna hijau yang mengilap seperti berminyak di atas bayangan redup.

Baca Juga:  Durian Kromo Asal Banyumas Akan Dibudidayakan di Kalimantan Tengah

Berdasarkan kandungan gula dan asam

Kandungan gula reduksi dalam buah mangga akan selalu berjumlah tetap dari buah masih muda hingga masak. Hanya saja, pada saat buah sudah masak, kandungan gula sukrosa semakin bertambah, yakni selama proses pemasakan berlangsung. Buah yang masak berkualitas memiliki kandungan gula mencapai 11,1 persen. Makin tua, rasa asam pada buah mangga akan semakin berkurang. Buah mangga yang memiliki berat jenis 1,01—1,02 pada umumnya berkualitas baik.

Loading...
Loading...