Ketahui Umur Panen Sayuran

Pertanianku — Salah satu informasi penting yang perlu Anda ketahui ketika ingin bertanam adalah umur panen sayuran. Pasalnya, sayuran tidak boleh telat dipanen karena bisa menyebabkan rasa serta teksturnya menjadi tidak enak untuk dikonsumsi.

umur panen sayuran
foto: pertanianku

Setiap jenis sayuran memiliki umur panen yang berbeda-beda. Selain itu, teknik perawatan juga dapat memengaruhi umur panen. Itu sebabnya Anda perlu melakukan perawatan sesuai dengan standar. Berikut ini ulasan lebih jelas mengenai umur panen sayuran.

Kangkung

Kangkung merupakan tanaman sayuran yang sangat mudah ditanam. Kangkung tidak memerlukan perawatan khusus agar tumbuh, yang terpenting seluruh kebutuhannya sudah terpenuhi. Kangkung sudah bisa dipanen saat tanaman berumur 1—1,5 bulan, saat batang tanaman sudah tumbuh sekitar 15—20 cm, dan semua cabangnya sudah ditumbuhi oleh daun.

Bayam

Selain kangkung, tanaman bayam juga sering ditanam karena tanaman ini mudah tumbuh. Bayam sudah bisa dipanen saat berumur 1—1,5 bulan, ketika tinggi tanaman sudah mencapai 15—20 cm, dan tanaman belum berbunga.

Sawi hijau

Umur panen sawi hijau terbilang lebih lama dari kedua sayuran daun sebelumnya, yakni 2 bulan setelah ditanam. Sawi hijau dipanen ketika daun yang paling bawah sudah menguning dan belum memasuki masa berbunga.

Selada

Tanaman selada dipanen saat daunnya sudah mulai mengembang. Biasanya kondisi tersebut terjadi ketika tanaman sudah berumur 2—3 bulan.

Terung

Terung sudah bisa dipanen setelah ukuran dan warna buah terung sudah sesuai standar jenisnya. Misalnya, terung ungu, terung sudah bisa dipanen saat buahnya berubah menjadi ungu tua. Biasanya tanaman sudah bisa dipanen setelah berumur empat bulan.

Seledri

Tanaman seledri sudah bisa dipanen setelah daunnya berwarna hijau tua saat tanaman berumur 2—3 bulan. Jangan sampai telat memanen seledri karena bisa menyebabkan tanaman layu dan daunnya menguning.

Baca Juga:  Peran Lumbung Pangan Masyarakat untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Tomat

Tanaman tomat umumnya sudah bisa dipanen setelah berumur 2—3 bulan saat ada buah tomat yang sudah berwarna kemerahan dan ukurannya sudah besar.

Bawang daun

Bawang daun sudah bisa dipanen setelah berumur 2,5 bulan saat daun sudah berbentuk bulat panjang dan berlubang seperti pipa.