Ketahui Waktu Panen Jahe yang Tepat

Pertanianku Panen jahe harus dilakukan sesuai dengan waktu yang tepat agar menghasilkan rimpang jahe berkualitas. Namun, penetapan waktu panen jahe dilakukan sesuai dengan pertimbangan yang tepat agar proses panen berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa faktor yang memengaruhi waktu panen jahe yang bisa dipertimbangkan.

panen jahe
foto: pixabay

Umur tanaman

Jika sesuai dengan standar, tanaman jahe bisa dipanen saat tanaman sudah berumur 10—12 bulan, bergantung pada tujuan pemanfaatan rimpang yang digunakan. Umur panen jahe bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti untuk bumbu dapur, bahan baku industri makanan atau minuman, ataupun digunakan sebagai bibit.

Loading...

Jahe yang digunakan untuk bumbu dapur dipanen saat berumur 8 bulan. Jika jahe digunakan sebagai bahan baku industri, jahe dipanen saat sudah berumur 10 bulan. Sementara itu, jika jahe digunakan untuk bibit yang ditanam kembali, rimpang sebaiknya ditanam saat sudah berumur 10—12 bulan.

Harga jual pasar

Waktu panen jahe bisa disesuaikan dengan harga pasaran yang sedang berlaku untuk mendapatkan harga jual yang baik. Komoditas jahe masih sering mengalami fluktuasi harga sehingga petani harus pintar membaca keadaan.

Petani jahe biasanya sudah memiliki keahlian untuk memperhitungkan kondisi pasar karena jahe tidak bisa disimpan terlalu lama. Jahe yang tertunda untuk dipasarkan akan mengalami penurunan kualitas rimpang. Dengan demikian, mau tidak mau petani jahe harus mengetahui waktu yang tepat terkait harga.

Namun, bagi Anda yang menanam jahe tidak untuk diperjualbelikan atau hanya untuk kepentingan pribadi, hal ini bisa dilupakan. Anda bisa memanen sesuai dengan tujuan penggunaan saja.

Keadaan cuaca

Kondisi cuaca yang sedang berlangsung juga menjadi pertimbangan yang harus dipikirkan oleh petani. Hal ini dikarenakan cuaca dapat memengaruhi proses panen. Saat sedang hujan tentunya proses panen menjadi terhambat karena proses panen harus dilakukan dengan menggali tanah untuk mengambil rimpang jahe.

Baca Juga:  Jarak Tanam Pohon Cabai yang Direkomendasikan

Selain itu, saat hujan rimpang jahe menjadi lebih kotor sehingga menyulitkan proses pembersihan rimpang yang sudah dipenuhi lumpur. Setelah panen, kondisi hujan juga dapat menyulitkan petani membawa rimpang karena jalanan yang licin.

Sebaiknya, tunda terlebih dahulu jika kondisi cuaca sedang hujan hingga kondisi kering dan memungkinkan untuk memanen jahe.

Loading...
Loading...