Keunggulan Anggur Prabu Bestari

Pertanianku Anggur Prabu Bestari merupakan anggur introduksi dari Australia. Anggur ini pertama kali dibawa ke Indonesia oleh Ir. Darmawan pada 1986 dan ditanam di Desa Banjarsari, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Anggur ini termasuk jenis anggur merah yang disenangi oleh konsumen di Indonesia.

anggur prabu bestari
foto: PIxabay

Nama Prabu Bestari diberikan oleh Bupati Kota Probolinggo dengan harapan dapat menjadi ikon Kota Probolinggo. Berikut ini beberapa kelebihan anggur Prabu Bestari.

Kandungan nutrisi

Kulit buah anggur yang berwarna merah membuat buah ini berpotensi mengandung resveratrol mencapai 1,5–3 mg/liter. Zat resveratrol berfungsi mencegah penggumpalan darah, obat kanker, dan mencegah penyakit jantung. Kandungan vitamin C di dalam anggur Prabu Bestari mencapai 23,23 mg/100 gram.

Penampilannya menarik

Anggur Prabu Bestari berukuran cukup besar dan berwarna merah. Berdasarkan uji preferensi konsumen buah anggur, warna anggur yang paling disukai adalah warna merah dibanding warna ungu dan hijau kekuningan. Selain itu, dompolan Prabu Bestari sangat rapat dengan bentuk buah yang bundar agak lonjong.

Dompolan buah anggur merah akan tampak lebat bergelantungan di pohon pada musim panen tiba. Saat musim panen, tanaman dapat menghasilkan 5–15 ton per hektare pada pertanaman dengan jarak 4 m × 5 m.

Tandan buah

Tandan buah berukuran medium dengan rata-rata berat per tandan buah sekitar 250–660 gram. Setiap butir buah berisi 1–3 biji anggur yang berwarna cokelat kehitaman.

Rasa buah

Berdasarkan analisis kimia buah, Prabu Bestari mengandung gula sekitar 20°Brix, asam 1,9 persen, dan kadar juice mencapai 47,77 persen. Kandungan juice dalam jenis anggur ini berpotensi untuk diolah menjadi jus buah.

Tingkat pecah yang rendah

Tingkat pecah Prabu Bestari terbilang lebih rendah dibanding Probolinggo Super. Oleh karena itu, perkembangan anggur Probolinggo Super tidak sebaik Prabu Bestari.

Baca Juga:  Jurus Panen Tomat Setiap Hari

Berpotensi untuk dikembangkan

Anggur Prabu Bestari memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi untuk dikembangkan.

Daya adaptasi

Anggur Prabu Bestari termasuk spesies Vitis vinifera yang mampu beradaptasi di beberapa agroekologi utamanya. Umumnya, jenis anggur ini membutuhkan minimal 3–4 bulan kering/tahun dan curah hujan optimum 800 mm/tahun.