Keunggulan dan Kekurangan Ternak Ayam Joper

Pertanianku — Ayam joper adalah jenis ayam kampung pedaging hasil persilangan dari ayam bangkok jantan dengan ayam petelur betina. Permintaan pasar dan masyarakat akan ayam joper untuk dikonsumsi juga semakin tinggi. Namun, ada keunggulan dan kekurangan ternak ayam joper yang perlu Anda tahu.

keunggulan dan kekurangan ternak ayam joper
Foto: Google Image

Keunggulan ayam kampung joper

Ayam joper memiliki masa panen yang lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Terhitung mulai dari DOC ayam joper hingga masa siap panen hanya membutuhkan waktu sekitar 60 hari dengan bobot 0,8—1 kg. Bahkan, ada beberapa peternak yang berhasil memanen ayam joper dengan waktu kurang dari 60 hari. Pada umumnya, saat ayam joper berusia sekitar 50—55 hari sudah memiliki bobot minimal 8 ons dan telah siap untuk dipanen terutama pada ayam joper jantan.


Loading...

Cita rasa yang dimiliki oleh daging ayam joper enak dan lebih padat dibanding ayam kampung biasa walaupun masa pertumbuhannya lebih cepat.

Memiliki daya tahan tubuh yang relatif tinggi terhadap penyakit. Ayam joper juga memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi karena masih terdapat darah keturunan ayam lokal. Bahkan, tingkat kematian ideal ayam joper adalah 5 persen jika dalam pemeliharaan tergolong baik dan tidak ada serangan penyakit. Selain itu, pemeliharaan ayam joper tergolong relatif mudah, termasuk untuk pakan dan kandang.

Karena ayam joper berasal dari persilangan ayam bangkok jantan yang memiliki tubuh besar serta dari ayam petelur betina, ayam joper bisa dijadikan sebagai ayam pedaging ataupun ayam petelur. Namun, kebanyakan peternak menjadikannya sebagai ayam pedaging karena masa panen yang relatif singkat.

Kekurangan ayam kampung joper

Dibalik banyak kelebihan dari ayam kampung joper, terdapat beberapa kekurangannya juga. Dalam hal pemberian pakan akan sedikit lebih banyak karena postur tubuh ayam joper yang besar.

Ayam joper kurang mampu dalam mengerami telur sehingga banyak peternak yang menjadikan ayam joper sebagai ayam pedaging. Harga telur ayam joper juga lebih murah daripada ayam kampung biasa.

Namun, jika dibandingkan dengan banyak kelebihan yang dimiliki oleh ayam joper, kekurangan tadi tidak terlalu berarti bagi para peternak. Sebab, beternak ayam joper itu mudah dan menguntungkan.

Loading...
Loading...