Keunggulan Domba Compass Agrinak

Pertanianku Domba compass agrinak merupakan hasil persilangan dari domba sumatera dengan domba Barbados blackbelly dan domba st. croix. Domba hasil persilangan ini menurunkan 50 persen sifat domba sumatera, 25 persen domba Barbados blackbelly, dan 25 domba st. croix. Persilangan tersebut dilakukan oleh Balai Penelitian Ternak Pusat dan Pengembangan Peternakan serta Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

domba compass agrinak
foto: Pertanianku

Penelitian doba compass agrinak sudah dilakukan sejak 1986 di Sub Balai Penelitian Ternak Sungai Putih, Sumatera Utara dan dikeluarkan pada 2014 lalu melalui Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 1050/Kpts/SR.120/10/2014.

Keunggulan utama dari domba compass agrinak adalah tingkat produktivitas yang lebih tinggi dibanding domba lokal.

Bulu tubuh kambing jantan didominasi oleh warna putih dengan variasi warna cokelat dan persentase belang sekitar 1—10 persen. Perpaduan warna bulu domba jantan didominasi oleh dua warna, tetapi ada juga domba jantan yang hanya memiliki satu warna dan sebagian kecil lainnya terdiri atas perpaduan tiga warna. Bagian mukanya berbentuk lurus dan agak sedikit cembung.

Sekitar 60 persen domba hasil persilangan ini bertanduk dan sisanya lagi tidak bertanduk. Tanduk domba berwarna kuning dan cenderung menonjol, tetapi ada juga kambing yang bertanduk melengkung.

Bulu tubuh domba betina juga masih didominasi warna putih dengan variasi warna cokelat atau hitam. Umumnya, warna bulu kambing betina terdiri atas dua atau tiga warna dan persentase belang sekitar 1—10 persen. Bentuk muka betina terbilang lurus dan tidak bertanduk. Sifat keindukan domba betina terbilang cukup baik sehingga anak-anak domba tumbuh dengan baik pula.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat produktivitas domba compass agrinak terbilang cukup tinggi dengan tingkat keseragaman produksi yang baik. Kemampuan produktivitas tersebut juga diwariskan kepada keturunannya.

Baca Juga:  Cara Menanam Seledri dari Pangkal Batang yang Masih Ada Akarnya

Domba dapat bertahan di lingkungan yang tropis dan lembap, lokasi tersebut terbilang sesuai dengan kondisi lingkungan di Indonesia. Selain itu, daya tahan domba terbilang cukup bagus terhadap interna parasit sehingga domba tidak mudah terserang penyakit. Keunggulan lainnya dari domba compass agrinak ialah laju pertumbuhan yang lebih baik daripada domba sumatera.

 


loading...