Keunggulan Domba Suffas untuk Hewan Kurban

PertaniankuDomba suffas adalah jenis domba hasil persilangan yang dinilai lebih cocok untuk usaha penggemukan karena cepat besar. Domba ini merupakan hasil persilangan antara suffolk jantan dan gibas betina. Salah satu ciri khas dari suffas adalah adanya bintik hitam atau cokelat pada tubuh domba. Terkadang, ada juga suffas yang memiliki gen marino sehingga tidak memiliki bercak hitam atau cokelat.

domba suffas
foto: Trubus

Pengembangan domba suffas di Jawa Timur sudah dimulai sejak 1980-an sampai saat ini. UPT Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak (UPT HPT-HMT) Jember merupakan instansi yang menyediakan bakalan suffas. Domba suffas memiliki keunggulan berupa cepat besar. Bobot suffas ketika lepas sapih sekitar 10 kg. Bobot tersebut lebih besar bila bandingkan dengan bobot domba lokal yang hanya 7–8 kg.

Sementara itu, suffas yang sudah berumur 4 bulan rata-rata berbobot 20–25 kg, sedangkan bobot domba lokal di umur yang sama hanya sekitar 15 kg. Dengan begitu, masa penggemukan domba suffas tergolong lebih singkat sehingga usaha peternakan domba dapat berjalan lebih maksimal.

Selain lebih besar, daging domba ini berwarna merah sehingga lebih mirip dengan daging sapi. Adapun daging domba lokal biasanya berwarna merah muda.

Domba suffas bisa dikawinkan saat berumur 12–18 bulan. Umur perkawinannya memang lebih terlambat dari domba lokal yang sudah dapat dikawinkan pada umur 10–12 bulan.

Sampai saat ini masih banyak pembeli hewan kurban yang menyukai domba suffas karena penampilannya gagah. Dengan segala keunggulan yang dimiliki olehnya, harga bakalan domba ini memang tergolong lebih mahal dari domba lokal umumnya.

Pemuliaan domba dengan seleksi dan persilangan merupakan salah satu inovasi di sektor hilir. Persilangan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas domba. Salah satu domba hasil persilangan lainnya yang dianggap berpotensial adalah compass agrinak. Domba tersebut merupakan hasil inovasi Kementerian Pertanian yang juga cocok dijadikan pedaging karena berbobot 12 kg pada umur 3 bulan.

Baca Juga:  Indonesia Kembali Ekspor Daging Ayam ke Singapura