Keunggulan Itik Ratu, Itik Petelur dengan Produktivitas Tinggi

PertaniankuItik ratu berasal dari persilangan antara itik alabio jantan dan itik mojosari betina. Keunggulan itik ratu yang paling terkenal adalah tingkat produktivitas yang cukup tinggi sehingga itik ini sering diternakkan untuk menghasilkan telur. Selain tingkat produktivitas yang tinggi, itik hasil persilangan ini masih memiliki beberapa keunggulan lainnya yang tidak kalah unggul. Simak ulasan berikut.

itik petelur
foto: Pertanianku

Bertelur lebih cepat

Tak hanya produktivitas yang tinggi, daya tumbuh itik ratu juga relatif tinggi. Itik sudah bisa mencapai umur dewasa kelamin lebih cepat dibanding itik lokal lainnya. Itik sudah bisa bertelur setelah berumur 4 bulan.

Ukuran telur lebih besar

Ukuran telur itik ratu terbilang lebih besar. Rata-rata bobot telur pertama yang dihasilkan sebesar 56,7 gram/butir. Sementara itu, berat telur normal berada di kisaran 65—75 gram/butir.

Produksi telur tinggi

Itik hasil persilangan ini terkenal lebih tahan stres sehingga memiliki masa bertelur yang lebih lama dengan rata-rata jumlah produksi mencapai 71,5 persen per tahun. Jumlah tersebut semakin meningkat saat itik memasuki masa puncak produksi. Total produksinya dapat mencapai 97 persen. Kondisi tersebut dapat bertahan selama 3 bulan lamanya.

Pakan lebih efisien

Itik lebih tahan terhadap serangan penyakit, terutama penyakit yang mengganggu sistem pencernaan dan penyakit yang berasal dari gangguan lingkungan. Kondisi tersebut menyebabkan itik lebih mudah memanfaatkan pakan yang diberikan sehingga jumlah pakan yang dibutuhkan jauh lebih efisien.

Daya adaptasi yang tinggi

Itik hasil persilangan itik lokal ini mampu beradaptasi dengan baik pada iklim Indonesia. Mulai dari daerah rawa, dataran rendah, hingga dataran agak tinggi. Itik bisa dipelihara secara intensif, semi-intensif, ataupun tradisional.

Namun, agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, sebaiknya itik dipelihara secara intensif.  Pemeliharaan secara intensif dapat memudahkan peternak mengontrol produksi itik, memenuhi kebutuhan itik, menghindari itik dari penyebab stres, dan menjaga kesehatan itik.

Baca Juga:  Kenali Siklus Domba Birahi dengan Benar agar Perkawinan Berjalan Lancar

Meskipun itik ratu terkenal kuat, itik tetap bisa mengalami stres apabila mengalami kekurangan air minum, terkejut, pergantian pakan, ketakutan, gangguan dari binatang buas, dan perlakuan kasar di masa pemeliharaan.