Keunggulan Jambu Air Khiojok Dibandingkan Jambu Madu Deli Hijau

Pertanianku Jambu air khiojok digadang-gadang menjadi salah satu varietas jambu air yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena beberapa keunggulan yang dimiliki oleh jambu air khiojok dibandingkan jambu air madu deli hijau yang sudah lebih dahulu ada.

jambu air khiojok
foto: pertanianku

Jambu air khiojok memang baru ada pada beberapa tahun terakhir ini. Namun, karena keunggulan yang dimiliki jambu air ini, banyak pehobi tanaman buah yang mulai menanam tanaman buah ini. Berikut ini beberapa keunggulan jambu air khiojok dibandingkan jambu air madu deli hijau.

Kadar kemanisan yang sangat tinggi

Kalau sudah mencicipi rasa manis jambu air madu deli hijau, pasti Anda merasakan kelezatan dan kemanisannya. Namun ternyata, kadar kemanisan jambu air khiojok masih lebih tinggi dibandingkan jambu air madu deli hijau. Jika kadar kemanisan madu deli berkisar 11°brix, kadar kemanisan khiojok berkisar 11°brix—13°brix. Sedikit lebih tinggi dibandingkan madu deli hijau.

Kadar kemanisan tersebut harus dibandingkan dalam kondisi yang sama. Misalnya, sama-sama dipetik ketika musim kemarau ataupun saat musim hujan. Pasalnya, pada musim hujan kadar kemanisan jambu bisa berkurang.

Ukurannya lebih besar

Jambu khiojok berukuran lebih besar dibandingkan jambu madu deli hijau. Ukuran yang lebih besar juga didukung dengan ukuran biji yang lebih kecil sehingga menyebabkan daging buahnya menjadi lebih tebal. Ukuran yang jumbo didukung dengan batang tangkai yang lebih besar. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan buah yang cukup banyak dalam satu dompolan. Oleh karena itu, orang yang memakan jambu khiojok akan merasakan sensasi makan jambu air yang sangat puas.

Sementara itu, sosok jambu madu deli hijau cenderung lebih panjang dari jambu khiojok. Sebenarnya, kedua jenis jambu ini sama-sama memiliki biji buah yang kecil.

Baca Juga:  Formula Media Tumbuh Jamur yang Bagus

Warnanya yang lebih menggoda

Kalau dilihat secara tampilan warna, jambu khiojok memiliki kelebihan berupa warna hijau yang mencolok dibandingkan dengan jambu madu deli hijau yang cenderung berwarna hijau pucat. Warna hijau mencolok tersebut bisa membuat tampilan tabulampot menjadi lebih menarik. Warna hijau tersebut juga bisa menarik nafsu makan orang yang melihatnya.

Bisa ditanam di dataran rendah dan tidak mengalami perubahan warna

Jambu madu deli hijau yang ditanam di dataran rendah dan mendapatkan intensitas cahaya matahari yang berlebih bisa mengalami perubahan warna menjadi merah. Sementara itu, jambu khiojok bisa ditanam di daerah dataran rendah dan tidak akan mengalami perubahan warna menjadi merah.

Untuk kebutuhan bertanam jambu air khiojok, Anda bisa langsung mendapatkan bibit jambu air khiojok di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan sarana produksi pertanian, mulai dari bibit dan benih beragam tanaman, media tanam, pupuk, pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya.

Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.


loading...