Keunggulan Kambing Boerka, Kambing Potong Unggulan

Pertanianku Kambing boerka dihasilkan dari persilangan antara pejantan kambing boer asal Afrika Selatan dan betina kambing kacang asal Indonesia. Perkawinan silang tersebut menghasilkan kambing lokal dengan laju pertumbuhan lebih cepat dan bobot yang lebih tinggi daripada kambing kacang. Berikut ini beberapa keunggulan lain dari kambing boerka yang perlu Anda ketahui.

kambing boerka
foto: Pertanianku

Produktivitas kambing tinggi

Produktivitas kambing boerka terbilang cukup tinggi karena bisa melahirkan anak sebanyak tiga kali dalam dua tahun. Induk kambing dapat menghasilkan 1 sampai 2 anak dalam sekali melahirkan.

Daya adaptasi yang tinggi

Kambing boerka menurunkan sifat kambing kacang yang tahan banting terhadap berbagai kondisi lingkungan Indonesia. Oleh karena itu, boerka bisa memiliki pertumbuhan yang lebih baik dibanding kambing lokal lainnya. Hal ini dapat memudahkan Anda ketika melakukan perawatan karena kambing tidak bersifat ‘manja’. Kambing bisa dipelihara di daerah beriklim tropis basah dan dataran rendah.

Pertambahan bobot cukup tinggi

Boerka yang baru lahir rata-rata berbobot 2,6—3,6 kg. Bobot tersebut lebih tinggi daripada bobot kambing kacang yang baru lahir. Sementara itu, boerka yang sudah disapih rata-rata berbobot 10—12 kg.

Pertambahan bobot tersebut bisa didapatkan melalui cara pemeliharaan yang sama terhadap kambing kacang. Artinya, kambing tidak memerlukan perlakuan khusus agar pertambahan bobotnya lebih tinggi.

Pertambahan bobot yang cukup tinggi membuat kambing ini sudah bisa memiliki bobot potong di umur yang masih muda.

Bentuk tubuh

Ukuran tubuh boerka terilang lebih besar dibanding kambing kacang. Warna tubuh kambing lebih dominan seragam dengan campuran warna putih dan cokelat di bagian leher serta kepala.

Rasa daging

Meskipun dihasilkan dari persilangan antara kambing boer dan kambing kacang, rasa serta tekstur daging kambing boerka mirip dengan kambing lokal. Daging kambing terasa empuk dengan kandungan lemak rendah.

Baca Juga:  Ekstensif, Sistem Ternak Ayam Kampung yang Sering Digunakan Masyarakat Pedesaan

Mutu karkas dan kandungan nutrisinya juga relatif sama. Dengan begitu, kemungkinan besar daging boerka tidak akan sulit dijual di pasar lokal. Tak hanya pasar lokal, boerka juga berpotensi diterima di pasar ekspor karena bobotnya cukup besar.


loading...