Keunggulan Kambing Kacang, Kambing yang Mudah Dijumpai di Indonesia

Pertanianku Kambing kacang sangat mudah dijumpai di Indonesia dan sering diternakkan oleh masyarakat. Kambing ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis kambing lainnya dalam segi rasa. Daging kambing ini terasa lebih lezat dan tidak berlemak. Selain itu, badan kambing kacang juga lebih berisi.

kambing kacang
foto: Pertanianku

Kambing kacang cukup mudah dirawat sehingga banyak dirawat secara tradisional oleh masyarakat pedesaan. Tingkat adaptasi kambing terbilang cukup tinggi. Kondisi tersebut semakin didukung dengan daya tahan tubuh kambing yang lebih kuat terhadap serangan penyakit.

Tingkat produktivitas kambing kacang terbilang cukup tinggi sehingga kambing lebih cepat beranak dan sering melahirkan anak kembar dua, bahkan bisa kembar tiga. Kemungkinan induk betina melahirkan anak kembar sekitar 52 persen. Persentase tersebut lebih besar dibanding kemungkinan melahirkan anak tunggal yang hanya sebesar 44 persen.

Kambing betina sudah bisa beranak sejak berumur 12—13 bulan. Sementara itu, kambing jantan sudah memasuki dewasa kelamin setelah berumur 19—25 minggu.

Kemampuan hidup anak kambing kacang yang dilahirkan sangat tinggi, sekitar 100 persen. Selain itu, kemampuan hidup kambing yang sudah dilahirkan hingga ke sapih sekitar 79 persen.

Anda bisa mendapatkan kambing ini dengan mudah dan murah sehingga bisa dijadikan sebagai modal usaha kecil-kecilan yang cukup menjanjikan.

Ukuran badan kambing terbilang cukup kecil dan pendek dibanding jenis kambing lainnya. Tanduk pada pejantan hanya sekitar 10 cm, sedangkan pada betina hanya sekitar 8 cm. Panjang telinga kambing mencapai 15 cm dan memiliki bentuk hidung yang lurus. Kambing jantan memiliki janggut, sedangkan kambing betina tidak berjanggut.

Kambing akan memasuki masa sapih setelah berumur 90 hari atau berbobot sekitar 10 kg. Persentase karkas pada kambing ini terbilang cukup sedang, yaitu sekitar 44—51 persen.  Bobot hidup kambing jantan sekitar 25 kg, sedangkan bobot hidup kambing betina sekitar 15—20 kg.

Baca Juga:  Kekurangan dan Kelebihan Kandang Individu untuk Ternak Sapi

Kambing kacang berkualitas baik umumnya tidak terlalu gemuk, punggung lurus, dada dalam dan lebar, kaki lurus dan kuat dengan tumit yang tinggi, serta buah zakar berukuran normal dan memiliki libido yang tinggi. Selain itu, umur kambing sudah lebih dari 1,5 tahun dan berasal dari keturunan kembar.

 


loading...