Keunggulan-keunggulan Bisnis Perikanan

PertaniankuBisnis perikanan memiliki daya tarik bagi masyarakat dan memiliki prospek pasar yang cerah sehingga tidak menyulitkan untuk memasarkan produknya. Namun, sebelum memulai bisnis perikanan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu keunggulan yang bisa didapatkan untuk memudahkan Anda menguasai teknis budidaya serta mencari peluang pasarnya.

bisnis perikanan
foto: pertanianku

Selain itu, saat Anda sudah mengetahui keunggulan bisnis perikanan, hal tersebut bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk mencapai keberhasilan. Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis perikanan.

Selalu diminati

Loading...

Produk ikan banyak diminati dan cukup familiar di masyarakat karena banyak konsumen yang menginginkannya. Hal tersebut membuat produk perikanan menjadi tidak asing lagi. Anda bisa mengolah ikan segar hasil budidaya sendiri menjadi berbagai macam produk yang menarik. Dengan begitu, nilai jual produk bertambah dan promosi produk pun semakin mudah dilakukan.

Mengingat masyarakat Indonesia memiliki perilaku yang konsumtif, Anda bisa membuat inovasi produk. Fokus inovasinya adalah memudahkan mereka (konsumen) untuk mengonsumsi ikan tanpa perlu mengolahnya lebih lama lagi.

Varietas unggulan

Produk yang diminati oleh para pembudidaya adalah ikan yang tahan terhadap penyakit. Serangan penyakit bisa menyebabkan kematian massal yang berujung pada kerugian. Saat ini ada banyak jenis varietas unggul yang sudah dikeluarkan oleh badan penelitian yang tahan penyakit, tingkat produktivitas tinggi, dan tingkat pertumbuhan tinggi. Hal ini bisa menguntungkan Anda karena tidak perlu repot-repot memeliharanya secara ekstra.

Ikan yang disenangi oleh para pembudidaya biasanya disenangi oleh masyarakat, teknologi budidayanya mudah, pasar bisa menerima produk tersebut, biaya produksi murah, dan harga produknya terjangkau.

Banyak pembudidaya yang sudah berhasil

Usaha budidaya yang sudah dilakukan oleh orang lain bisa menjadi dukungan moral untuk mendorong para pembudidaya yang lainnya. Selain itu, dengan banyaknya pembudidaya yang sudah berhasil dapat membuat sumber informasi menjadi lebih mudah. Saling berbagi informasi dapat menjadi salah satu cara untuk melancarkan usaha Anda.

Baca Juga:  Kenali Gejala yang Muncul pada Ikan Nila Sakit

Bisa dilakukan di mana saja dengan bantuan teknologi perikanan

Saat ini budidaya ikan sudah bisa dilakukan di mana saja karena perkembangan teknologi perikanan sudah semakin maju. Anda hanya perlu meng-upgrade ilmu pengetahuan tentang perikanan untuk mendapatkan informasi terkini.

Loading...
Loading...