Keunggulan Lengkeng Matalada Dibandingkan Lengkeng Dataran Rendah Lainnya

Pertanianku — Mungkin masih banyak orang yang belum mengenal lebih lengkeng matalada. Buah lengkeng ini berkulit putih sehingga lebih mirip dengan buah duku. Matalada merupakan buah dataran rendah yang dapat tumbuh subur di atas tanah yang subur. Dibandingkan dengan beberapa lengkeng dataran rendah lainnya, berikut ini beberapa keunggulan lengkeng matalada.

keunggulan lengkeng matalada
foto: Pertanianku

Warna kulit buah

Jika biasanya Anda menemui buah lengkeng dengan kulit buah berwarna cokelat, lengkeng matalada merupakan lengkeng berkulit putih, hampir mirip seperti buah duku. Sangat jarang ada buah lengkeng yang berwarna putih. Warna kulit buah yang putih dan dipadukan dengan tajuk tanaman yang rimbun membuat tampilan sosok buah ini disukai para pehobi buah.

Adaptif dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi

Pohon lengkeng matalada dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian mulai dari 0—700 mdpl. Lengkeng matalada bisa tumbuh di dekat laut jika daerah tersebut masih memiliki top soil yang subur.

Lengkeng matalada juga bisa tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Namun, kendala yang sering dialami ketika menanam lengkeng matalada di atas ketinggian adalah kondisi suhu pada siang dan malam hari yang sama. Pohon membutuhkan kondisi suhu yang berbeda antara siang dan malam untuk tumbuh dengan baik.

Biji buah kecil

Banyak yang mengatakan memakan buah lengkeng matalada seperti memakan buah lengkeng tanpa biji karena bijinya yang berukuran kecil. Biji lengkeng ini memang hanya seukuran biji lada karena itu dinamakan matalada. Biji buah yang kecil dapat membuat sensasi memakan buah lengkeng lebih asyik. Daging buah yang didapatkan menjadi terasa lebih tebal dengan kadar kemanisan yang sama seperti buah lengkeng pada umumnya.

Baca Juga:  5 Tepat yang Harus Diterapkan Saat Pemupukan

Cepat berbuah

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh matalada adalah cepat berbuah. Tanaman sudah bisa berbuah ketika berumur 8 bulan hingga 1 tahun setelah ditanam ke lahan. Saat itu tanaman baru mulai belajar berbuah, buah yang tumbuh memang belum terlalu rimbun. Pohon baru dapat berbuah dengan baik setelah berumur 2 tahun.

Untuk mencoba bertanam lengkeng matalada, Anda bisa mendapatkan bibit lengkeng matalada di Toko Trubus. Pada November ini, ada promo menarik di Toko Trubus untuk bibit lengkeng matalada. Selain bibit lengkeng matalada, Anda juga bisa mendapatkan pot, media tanam, pupuk dan pestisida, serta berbagai peralatan dan perlengkapan berkebun. . Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda.