Keunggulan Magot Sebagai Pakan Ikan

Pertanianku — Kebutuhan ikan sangat spesifik untuk masing-masing spesies. Namun, pada dasarnya ikan membutuhkan protein sebagai komponen utama sumber energi dan menjalankan fungsi vitalnya. Itu sebabnya tepung ikan berperan sangat penting dalam formulasi pakan ikan. Posisi tepung ikan dapat disubstitusi dengan pakan magot yang terkenal kaya protein.

pakan magot
foto: kkp.go.id

Tak hanya berperan sebagai sumber protein, magot masih memiliki banyak keunggulan yang perlu Anda ketahui. Simak ulasan keunggulan-keunggulan magot sebagai pakan ikan di bawah ini!

Kandungan nutrisi magot

Umumnya, magot yang dimanfaatkan sebagai pakan ikan sudah berumur 20—25 hari. Usia larva yang semakin tua akan menyebabkan kandungan proteinnya menurun dari 61,42 persen menjadi 45,87 persen.

Magot juga mengandung asam amino yang merupakan komponen pembentuk protein. Asam amino berfungsi memperbaiki jaringan yang rusak, melindungi hati dari berbagai zat toksik, menurunkan tekanan darah, mengatur metabolisme kolesterol, mendorong sekresi hormon pertumbuhan, dan mengurangi kadar ammonia di dalam darah.

Beberapa ahli menyatakan komposisi asam amino tepung magot setara dengan tepung ikan. Tepung magot dapat digunakan sebagai sumber asam amino arginine, lisin, dan metionin. Secara umum kandungan asam amino tepung magot lebih baik daripada kandungan asam amino tepung kedelai.

Magot hidup mengandung nutrisi yang lebih banyak

Magot dapat diberikan dalam bentuk masih hidup atau sudah dikeringkan. Magot yang masih hidup memiliki kandungan nutrisi yang masih lengkap dan tidak rusak. Pemberian magot hidup membuat ikan menjadi cenderung lebih aktif dan memiliki performa yang lebih baik.

Magot kering juga tetap bernutrisi

Magot yang sudah dikeringkan juga tetap bernutrisi dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Magot kering lebih mudah diberikan pada berbagai ukuran bukaan mulut ikan. Magot kering bagus diberikan kepada induk koi dan beberapa jenis ikan predator.

Baca Juga:  Ikan Sidat, Biota yang Dilindungi Terbatas

Meningkatkan daya tahan tubuh ikan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan yang diberikan pakan tambahan berupa magot memberikan respons imunitas yang sangat signifikan. Tingginya respons imunitas pada ikan yang mengonsumsi magot juga didukung oleh data tingginya kelangsungan hidup ikan.

Mempercepat pertumbuhan ikan

Magot kecil mengandung protein sebanyak 59—60 persen. Kondisi itu dapat memicu pertumbuhan ikan. Ukurannya yang kecil dapat menyesuaikan dengan ukuran bukaan mulut ikan sehingga gizi benih ikan tercukupi dengan baik.