Keunggulan Mangga Alpukat, Mangga Lembut Manis dan Mudah Dimakan

Pertanianku — Beberapa waktu ini mangga alpukat sedang menjadi perbincangan hangat karena digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh keunikan buah tersebut yang bisa dikonsumsi layaknya avokad. Rasa buah ini manis dan menyegarkan. Selain itu, jenis mangga ini lebih mahal dari mangga lainnya. Tak heran, banyak yang mulai mencoba peruntungan dengan menjual atau menghasilkannya sendiri di rumah.

mangga alpukat
foto: https://www.pasuruankab.go.id/

Tingginya permintaan dan mahalnya harga jual buah mangga alpukat bukan tanpa sebab. Ada banyak keunggulan dari mangga alpukat yang sering diincar oleh konsumen, simak ulasan berikut ini.

Daging buahnya tebal

Loading...

Pada dasarnya daging buah mangga memang tebal-tebal. Namun, mangga alpukat memiliki daging buah yang lebih tebal daripada mangga biasanya. Meskipun dari segi ukuran buah mangga ini terlihat kecil, daging yang dimilikinya justru cukup tebal. Ketebalan daging tersebut menyebabkan banyak orang senang memakannya.

Tekstur daging lebih padat

Selain lebih tebal, ternyata daging buah mangga ini lebih padat ketika buah sudah matang. Kepadatannya sama seperti buah mangga yang masih belum matang. Ketika buah dibelah, akan tercium aroma harum yang sangat menggoda selera dengan daging yang berwarna terang.

Serat lebih sedikit

Terkadang hal menyebalkan saat memakan daging mangga adalah adanya serat yang menyelip di antara sela gigi. Berbeda dengan mangga alpukat, mangga ini memiliki serat yang lebih sedikit sehingga meskipun lebih tebal dan keras, daging buah terasa lebih lembut. Sensasi mengigit buah mangga ini hampir sama seperti menggigit daging buah alpukat yang bertekstur halus.

Kadar pati lebih tinggi

Kadar pati mangga jenis ini lebih tinggi dibanding mangga lainnya, yakni sekitar 10,27 persen. Oleh karena itu, untuk orang yang sedang diet tidak disarankan mengonsumsi buah ini dalam jumlah banyak. Namun, bagi mereka yang sedang menjalani program penggemukan badan, sangat disarankan untuk mengonsusi buah ini. Namun, Anda tetap tidak diperbolehkan mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Baca Juga:  Atasi Lalat Buah yang Menyerang Tabulampot, Hama Penyebab Buah Busuk

Lebih mudah dikupas

Mangga ini lebih mudah dikupas dan ini salah satu keunggulan yang diinginkan oleh masyarakat sehingga membuat permintaan mangga alpukat tinggi.

 

Loading...
Loading...