Keunggulan Menanam Melon yang Harus Anda Ketahui

Pertanianku— Buah melon merupakan sumber vitamin yang menyegarkan karena memilki kandungan air yang cukup banyak serta lezat. Buah melon bisa ditanam di pekarangan, cara perawatannya pun tidak begitu sulit. Menanam melon bisa dilakukan di lahan atau di dalam pot, Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi lahan yang dimiliki.

menanam melon
foto: pertanianku

Ada beragam keunggulan dari kegiatan menanam melon. Agar mudah memahami proses menanam, Anda bisa membacanya dalam buku Berkebun Melon Unggul terbitan Penebar Swadaya yang membahas seluruh rangkaian kegiatan menanam melon. Berikut ini keunggulan dari menanam melon yang bisa Anda dapatkan.

Waktu panen singkat

Loading...

Melon merupakan buah yang memiliki keunggulan komparatif, yaitu bisa berbuah sepanjang tahun dan berumur pendek. Hal ini cocok untuk Anda yang baru saja mulai menyukai tanaman buah.

Anda bisa mencobanya dengan menanam melon terlebih dahulu. Rasakan sensasi buah yang dipetik dari kebun sendiri. Meskipun terasa sama dari melon yang dijual di pasar, usaha untuk mendapatkan buah tersebut bisa membuat rasa melon yang didapatkan jauh lebih istimewa.

Buah mengandung banyak vitamin

Selain rasanya yang lezat, buah melon juga digemari oleh masyarakat karena mengandung vitamin A dan C. Selain itu, buah ini juga rendah kalori, tidak mengandung lemak serta kolesterol, sedikit mengandung sodium, dan sumber potassiumnya baik untuk tubuh. Tak heran, permintaan buah ini tidak pernah padam.

Harga jual yang cukup tinggi

Jika buah melon yang dihasilkan berlebih, Anda bisa menjualnya karena harga jual buah melon sendiri cukup bagus. Anda bisa menjualnya ke tetangga dekat rumah atau tukang sayur yang lewat. Karena harga yang bagus, sudah banyak petani yang membudidayakan melon secara intensif di berbagai daerah.

Baca Juga:  Tips Memilih Bibit Belimbing yang Bagus

Bisa diolah menjadi makanan

Melon tidak hanya dikonsumsi dalam keadaan segar, tetapi bisa diolah lebih lanjut menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Tentunya, harga jualnya menjadi meningkat. Anda bisa memanfaatkan peluang ini menjadi penghasilan sampingan.

Permintaannya tinggi

Hampir semua masyarakat Indonesia menyenangi buah melon. Tak heran, buah ini sangat mudah untuk dijumpai. Jika buah melon yang dihasilkan manis dan lezat, sudah pasti mudah untuk menjual melon yang Anda hasilkan.

Anda bisa membaca lebih lengkap tentang budidaya melon dalam buku Berkebun Melon Unggul yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Segera hubungi admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut dan mempraktikkannya di kebun Anda sendiri.

 

 

Loading...
Loading...