Keunggulan Menerapkan Sistem Hidroponik


Pertanianku – Hampir sebagian orang pasti tahu metode pertanian modern yang sedang marak dilakukan, yakni metode hidroponik. Hidroponik sendiri merupakan metode bercocok tanam yang tidak menggunakan media tanah.

Foto: pixabay

Metode hidroponik menjadi naik daun belakangan ini karena sistem ini tak membutuhkan lahan yang luas. Itu artinya lahan yang terbatas pun bisa dimanfaatkan untuk membuat tanaman hidroponik.

Salah satu model hidroponik yang terbaru bahkan bisa dijinjing. Dengan bermodalkan kotak berukuran 61 × 35 × 42 cm, hobi berocok tanam akan tersalurkan.

Keunggulannya jelas, ukurannya yang mini serasi dengan halaman perkantoran atau perumahan yang lahannya tidak besar. Dengan instalasi mini, para pehobi bisa menggunakannya sebagai ajang belajar sebelum mengembangkan hidroponik bersistem NFT untuk skala besar atau industri. Dan, meskipun ukurannya mini, bukan berarti kualitasnya tidak terjamin.

Untuk hasil panen sayuran, para pehobi tak perlu khawatir. Dengan guli berbentuk trapezium, penampilan sayuran pun sangat bagus dan mulus bahkan terhindar dari kerusakan daun ketika daun rebah kemudian menempel pada wadah. Segi positifnya, yakni mengaplikasikan sistem ini terbilang hemat listrik dan juga hemat air.

Yuk, coba aplikasikan di rumah!

Baca Juga:  Paduan Steak dan Keju Berikan Pengalaman Kuliner yang Menarik
loading...
loading...