Keunggulan Menggunakan Hidroponik Starter

Pertanianku — Hidroponik sudah tidak lagi menjadi perihal yang rumit, ribet, dan mahal karena saat ini ada yang namanya hidroponik starter atau starterkit hidroponik yang bisa dengan mudah dibongkar pasang dan dibuat dari bahan-bahan yang murah atau memanfaatkan berbagai macam barang bekas.

hidroponik starter
foto: pertanianku

Ada banyak keuntungan jika Anda mengunakan hidroponik starter untuk menanam sayuran di pekarangan rumah, baik skala kecil yang diperuntukkan konsumsi pribadi maupun skala besar sebagai bisnis. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan hidroponik starter.

Praktis

Hidroponik merupakan cara bertanam yang tidak menggunakan tanah. Namun, untuk bertanam hidroponik skala besar di lahan yang luas pasti akan membutuhkan modal investasi yang besar karena sebagian besar peralatan yang digunakan untuk bertanam secara hidroponik menggunakan teknologi.

Kini, Anda tidak perlu risau lagi karena sudah ada instalasi hidroponik yang jauh lebih murah dan praktis saat digunakan. Karena praktis, instalasi ini bisa digunakan oleh siapa pun. Selain itu, hidroponik starter sangat mudah dipindahtempatkan karena mudah dibongkar pasang serta diaplikasikan di lahan sempit.

Mudah

Penggunaan hidroponik starter terbilang cukup mudah, asalkan bahan yang digunakan berkualitas. Sebab, pada dasarnya untuk memiliki instalasi hidroponik yang tahan lama harus menggunakan bahan baku berkualitas. Proses pembuatannya membutuhkan kejelian, perhitungan yang matang, dan kesabaran yang ekstra karena tidak bisa langsung jadi.

Meskipun terdengar rumit pada proses pembuatannya, instalasi hidroponik yang sudah jadi sangat cocok digunakan untuk urban farming oleh masyarakat perkotaan.

Murah

Semakin ke sini akan semakin banyak inovasi yang menyangkutpautkan dengan biaya pembuatan. Hal ini sah-sah saja karena justru bisa memenuhi kebutuhan peminat hidroponik yang tidak memiliki modal besar.

Baca Juga:  Khasiat Lada untuk Kesehatan Tubuh

Jika dibuat sendiri, Anda bisa membuatnya sesuai dengan keinginan dan kemampuan sendiri. Meskipun sebenarnya pada saat ini sudah banyak starterkit hidroponik yang sudah jadi dan dijual di toko-toko pertanian.


loading...