Keunggulan Porang yang Membuat Umbi Ini Naik Daun

Pertanianku— Belakangan ini umbi porang menjadi buah bibir karena nilai jualnya terbilang cukup tinggi dan masih sedikit yang membudidayakannya. Tanaman yang memiliki nama Latin Amorphophallus muelleri Blume memiliki sejumlah manfaat dan keunggulan yang patut Anda ketahui. Berikut ini beberapa keunggulan porang yang banyak diincar oleh petani.

keunggulan porang
foto: pertanianku

Kandungan porang

Umbi porang mengandung karbohidrat yang terdiri atas pati, glukomanan, serat kasar, dan gula. Selain itu, porang juga mengandung lemak, protein, mineral, vitamin, dan serat pangan.

Sifat tanaman porang

Tanaman porang memiliki keunggulan berupa toleran terhadap naungan sekitar 40—60 persen. Tanaman ini bisa ditanam secara tumpang sari bersama dengan tanaman keras seperti pepohonan lainnya.

Sebelum marak dibudidayakan, tanaman ini sering tumbuh liar di pekarangan atau di pinggiran hutan. Anda juga bisa menemukan tanaman ini tumbuh liar di bawah naungan pohon lainnya.

Kegunaannya dalam berbagai industri

Porang sering digunakan dalam industri makanan sebagai bahan baku pembuatan konyaku dan shirataki. Selain itu, porang juga sering digunakan sebagai bahan campuran untuk kue, roti, es krim, permen, jeli, selai, dan bahan pengental yang biasa dimanfaatkan untuk membuat sirup dan sari buah.

Dalam industri farmasi, umbi ini sering digunakan sebagai bahan pengisi dan pengikat tablet. Sementara, pada industri kimia umbi ini sering digunakan sebagai bahan pelapis untuk coating dan edible film, pelapis kedap air, media pertumbuhan mikrobia, penguat tenunan, dan bahan pembuat kertas yang tipis, tahan air, dan lemas. Di dalam porang mengandung konjac glukomanan yang berfungsi sebagai perekat alami dengan daya rekat yang bagus.

Diolah menjadi tepung

Umbi porang sering diolah sebagai tepung dan tepung tersebut digunakan sebagai bahan baku olahan pangan, pakan ternak, pengikat air, penggumpal atau pembentuk gel, makanan diet rendah kalori dan lemak, serta bahan pengental.

Baca Juga:  Tips Merawat Pohon Jambu Air Khiojok agar Bisa Berbuah Lebat

Obat herbal

Porang mengandung glukomanan yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Namun, penggunaan umbi porang sebagai obat herbal harus dilakukan di bawah pengawasan dokter atau herbalis untuk meminimalisir efek samping yang kurang baik.