Keunggulan Susu Kambing

Pertanianku – Susu kambing adalah susu yang diperoleh dengan jalan pemerahan seekor kambing perah atau lebih yang dilakukan secara teratur, terus-menerus, dan hasilnya berupa susu segar murni tanpa dicampur, dikurangi, atau ditambah sesuatu. Berat jenis susu minimal1,027 pada suhu 27,50o C dengan kadar lemak minimal 2,8%. Susu terdiri dari 7/8 bagian air, dan 1/8 bagian bahan kering. Susunan susu masing-masing individu kambing tidak sama dan selalu berubah tergantung berbagai faktor yang memengaruhi.

Keunggulan Susu Kambing

Kandungan nutrisi susu kambing juga dipengaruhi oleh bangsa ternak, waktu pemerahan, musim, pakan, umur, dan kesehatan ternaknya. Susu kambing PE maupun etawah mengandung lebih banyak lemak dibandingkan saanen dan toggenburg. Warna susu kambing yang sehat adalah putih bersih, kekuningkuningan, dan tidak tembus cahaya. Kalau susunya berwarna semu merah, semu biru, terlalu kuning, atau seperti air, kondisi susu tersebut tidak normal. Begitu pula kalau susu agak berlendir dan bergumpal gumpal.

Loading...

Bau dan rasa susu kambing murni sangat spesifik yaitu sedikit berbau kambing. Ada kalanya bau susu agak tajam karena pengaruh pakan. Susu kambing murni rasanya enak, sedikit manis, dan berlemak. Dibanding susu sapi, susu kambing memiliki kandungan gizi lebih unggul. Keistimewaan lain yang dimilikinya sebagai berikut.

  1. Lemak dan proteinnya lebih mudah dicerna daripada susu sapi karena terdapat dalam bentuk yang lebih halus dan homogen. Mudah dicerna oleh anak balita sampai orang tua.
  2. Proteinnya mempunyai efek laksatif yang lembut.
  3. Kandungan vitamin B1 susu kambing lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.
  4. Susu kambing baik sekali dikonsumsi anak-anak dan orang lanjut usia yang tidak dapat minum susu sapi karena gangguan pencernaan.
  5. Minum segelas susu kambing setiap hari membantu penyembuhan penderita asma dan radang paru-paru kronis.
  6. Minum segelas secara rutin bagi wanita dapat meningkatkan kehalusan kulit.
  7. Minum secara teratur 2—3 gelas per hari dapat membantu mengatasi impotensi pada pria.
  8. Sebagai sumber gizi serta mencegah/menyembuhkan TBC pada balita. Tidak menyebabkan diare dan alergi, karena tak memiliki factor lactose intolerance.
  • Lemak susu kambing
Baca Juga:  Manfaat Beternak Sapi di Dekat Kebun Sawit

Susu kambing mengandung lemak sekitar 4,2%. Lemaknya terdapat dalam keadaan emulsi (butiran-butiran kecil) yang tersebarlemak akan naik ke permukaan susu dan membentuk lapisan kepala susu. Emulsi lemak yang mengumpul dapat diolah menjadi mentega.

Lemak susu kambing terdiri atas campuran trigliserida yang terdiri atas sekitar 52 asam berlemak, yang 67% berupa lemak jernih dan 23% berupa lemak tak jernih. Lemak susu secara alamiah terbungkus gelembung-gelembung membran yang disebut globoli sebesar 1—5 mikron. Globoli susu kambing berukuran sekitar 3 mikron, lebih kecil dibanding globoli susu sapi berukuran sekitar 4—5 mikron.

Bagian susu yang berlemak mengandung semua zat larut dalam lemak seperti lipoprotein, fosfolipid, karotenoid (zat berwarna kuning sebagai provitamin A), vitamin A, B1, B2, B12, C, D, E, K, dan berbagai enzim. Lemak susu kambing juga mengandung asam mentega sekitar 3%, asam kapron 2%, asam kaprik 1%, asam kaprina 1,5%, asam laurina 6%, asam miristina 20%, asam palmitina 10%, asam oleina 32%, dan asam linolen 3%.

  • Protein susu kambing

Susu kambing mengandung protein sekitar 3,5%, yang terdiri atas 3,1% kasein dan 0,4% laktabumin. Protein kasein terdapat dalam keadaan suspensi, yaitu terikat pada zat kapur, sedangkan protein laktabumin terdapat dalam keadaan larut pada susu.

Kasein merupakan bahan keju. Kasein yang terdapat dalam koloidal ini menyebabkan warna susu keruh. Jika kasein terkena zat asam yang sengaja dibubuhkan pada susu atau susu berubah menjadi masam, zat kapur akan dilepas sehingga yang tinggal hanya kasein. Kasein yang terlepas akan mengendap karena tidak lagi larut dalam susu. Dalam keadaan sehari-hari, pisahnya kasein itu disebut “susu pecah”. Cairan yang tertinggal setelah kasein diolah menjadi keju disebut whey.

Baca Juga:  Cara Mencegah Bibit Penyakit Berkembang di Kandang Ayam

Protein susu kambing sangat kaya dengan asam amino. Beberapa jenis asam amino yang terkandung dalam susu kambing, antara lain argenina (4%), fenilalanina (3,9%), histidina (2,5%), leusina (1,4%), lisina (6%), metionina (0,4%), treonina (2%), triptofan (2,2%), dan valina (7,9%). Total seluruh asam amino esensial sekitar 40,0%.Protein susu kambing juga sangat kaya asam amino nonesensial.

Jenisnya antara lain asam glutamina (20%), asam hidroksiglutamina (10%), asam aspargina (1,8%), prolina (8%), tirosina (6%), alanina (1,9%), glisina (0,5%), serina (0,5%), dan sistina (0,4%).

  • Laktosa susu kambing

Susu kambing mengandung laktosa sekitar 4,23%. Laktosa atau gula susu itu terlarut dalam susu sehingga memberikan rasa manis. Laktosa dapat dipisahkan dari cairan susu setelah kasein (protein) dibuat keju. Manfaat laktosa sama dengan karbohidrat, tetapi harus dipecah dulu menjadi glukosa dan galaktosa oleh enzim laktosa dari alat pencernaan.

  • Mineral dan vitamin susu kambing

Zat-zat mineral yang terdapat dalam susu kambing terdiri atas hampir semua jenis mineral esensial yang diperlukan manusia, kecuali besi, mangan, dan tembaga. Jika terdapat besi atau tembaga dalam susu, akan menyebabkan oksidasi pada lemak susu sehingga menimbulkan rasa sepet.

Susu kambing mengandung provitamin A, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu, juga mengandung zat-zat bukan protein yang mengandung N seperti urenar, kreatina, dan kretinina. Susu kambing bagus sekali diminum sebagai sumber kalsium, fosfor, vitamin B1, B2, B12, dan sumber protein.

Sumber: Buku Berternak Kambing Unggul

Loading...
Loading...