Keunggulan Tepung Pisang Raja Kinalun

Pertanianku — Siapa sangka jika salah satu pisang Indonesia, yakni pisang raja kinalun, merupakan jenis pisang yang paling baik untuk ditepungkan. Komersialisasi produk tepung pisang raja kinalun pun digadang-gadang akan membawakan keuntungan bagi para pelaku industrinya.

tepung pisang
Foto: instagram dirafoodies

Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika melakukan panen pisang raja di daerah Sumatera Barat. Salah satu varietas unggul pisang di daerah ini adalah pisang raja kinalun.

Pisang ini merupakan salah satu buah varietas unggul. Keunggulannya terbukti dari ketahanan terhadap penyakit layu bakteri dan fusarium. Selain itu, pisang raja kinalun ini akan matang sempurna. Daya simpan pisang raja kinalun juga cukup panjang, yakni dapat disimpan hingga 24 hari kemudian.

Loading...

Keunggulan lain dari pisang raja kinalun adalah bobot dan kualitas produktivitasnya. Satu tandan pisang raja kinalun dapat berisi 8—9 sisir pisang. Berat rata-rata pisang ini mencapai bobot 12—18 kilogram.

Satu sisir pisang terdiri atas 12—14 buah pisang. Panjang pisang raja kinalun pun berkisar 10—14 cm. Jika dijumlahkan, dalam satu tandan pisang raja kinalun ini dapat berisi kurang lebih 100—105 buah.

Oleh karena keunggulannya tersebut, pisang ini nilai cocok sebagai bahan baku pembuatan olahan berbasis pisang. Salah satunya adalah tepung pisang. Tepung pisang sendiri diminati karena digunakan sebagai bahan baku olahan industri, terutama industri pangan.

Sayangnya, komersialisasi ini terganjal oleh masih minimnya akses pasar. Agar hal ini dapat teratasi, diperlukan intervensi pemerintah yang dapat menghubungkan para petani dengan pelaku pasar. Beberapa industri selama ini telah melirik pisang sebagai bahan baku industri mereka sehingga perlu diperhatikan oleh pemerintah.

Salah satu wilayah yang memproduksi pisang raja kinalun dengan jumlah yang cukup tinggi berada di Kecamatan Luhak, Kabupaten 50 Kota, Provinsi Sumatera Barat. Daerah ini memiliki lahan budidaya pisang yang berasal dari varietas unggul, yakni pisang raja kinalun.

Baca Juga:  Kerupuk Tulang Lele, Ide Bisnis yang Lezat

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai lahan budidaya, pemanfaatan ini dapat dilakukan dengan lebih lanjut yakni dari sektor pariwisata. Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat diharapkan dapat mendorong wisata di kecamatan ini karena masih asri dan sejuk. Wilayah yang berada di dataran tinggi ini cocok digunakan untuk lokasi wisata dan juga budidaya komoditas pertanian.

Loading...
Loading...