Keunggulan Usaha Kangkung Hidroponik

Pertanianku — Sejak pandemi COVID-19 berlangsung, banyak orang yang mulai tertarik untuk menanam kangkung dan beberapa jenis sayuran lain yang mudah ditanam. Sayangnya, budidaya masih dilakukan sebatas untuk mengisi waktu luang dan tidak dirawat secara maksimal. Padahal, kangkung hidroponik bisa dikembangkan menjadi usaha yang cukup menggiurkan. Berikut ini beberapa ulasan mengenai keunggulan usaha kangkung hidroponik.

kangkung hidroponik
foto: Pertanianku

Tidak bergantung pada iklim

Teknologi hidroponik dapat membuat Anda bertanam kapan saja, baik saat iklim sedang bagus maupun tidak. Cuaca dan iklim menjadi salah satu penyebab sayuran yang dihasilkan kurang berkualitas.

Tidak bergantung pada kondisi tanah

Usaha budidaya sayuran yang ditanam di tanah sangat bergantung pada kondisi tanah, mulai dari unsur hara hingga pengolahan tanah. Dengan begitu, daerah-daerah yang pada awalnya memiliki kondisi tanah kurang bagus tetap bisa membudidayakan dan menghasilkan sayur kangkung berkualitas dengan hidroponik.

Populasi lebih meningkat dibanding lahan konvensional

Salah satu keuntungan hidroponik adalah dapat dibuat bertingkat. Dengan demikian, hasil panen yang didapatkan bisa lebih banyak dibanding sistem bertanam konvensional dengan luas lahan yang sama.

Masa panen lebih cepat

Teknik hidroponik dapat membuat seluruh kebutuhan nutrisi tanaman terpenuhi secara maksimal sehingga tanaman bisa tumbuh lebih cepat dibanding sistem konvensional. Umumnya, tanaman bisa dipanen lebih cepat 30—50 persen daripada tanaman konvensional.

Hasil panen lebih segar dan bersih

Hasil panen kangkung hidroponik jauh lebih segar penampilannya karena nutrisinya lebih terpenuhi serta tampak bersih karena kangkung tidak bersentuhan dengan tanah. Hasil panen yang segar dan bersih dapat memudahkan Anda dalam proses pemasaran. Namun, karena harga sayuran ini pasti lebih mahal daripada sayur kangkung umumnya, Anda perlu melakukan teknik pemasaran yang lebih unik dan inovatif.

Baca Juga:  Penyebarluasan Informasi Iklim untuk Mendukung Budidaya Hortikultura

Biaya produksi menjadi lebih efisien

Teknik hidroponik dapat mengefisiensikan biaya produksi sayuran seperti pupuk dan air karena pemberiannya dapat disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan tanaman.

Budidaya kangkung organik sebenarnya terbilang mudah tetapi memiliki beberapa tantangan, salah satunya pemasaran. Masih ada banyak lagi info menarik tentang kangkung hidroponik di dalam buku Kangkung Hidroponik. Buku ini dapat menjadi referensi Anda mengembangkan usaha budidaya menjadi skala yang lebih besar. Untuk mendapatkan buku ini, silakan menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.