Keunikan Kurma KL-1 Asal Thailand

Pertanianku — Saat ini ada banyak varietas kurma yang tersebar di dunia, beberapa di antaranya sudah populer di Indonesia seperti medjool. Salah satu varietas kurma yang menarik dibahas adalah kurma KL-1 yang berasal dari Thailand. Di negara asalnya, varietas in disebut dengan Kolak One (KL-1) dan telah menjadi kurma hibrida yang disukai banyak orang. Bentuk kurma ini cenderung lonjong dengan kulit berwarna kuning, dagingnya berwarna putih dan tebal, serta berbiji tipis.

kurma KL-1
foto: pixabay

Kurma KL-1 dipanen sesudah tanaman berumur 3 tahun setelah tanam dari bibit hasil perbanyakan generatif dengan biji. Buah yang dipetik saat 2 pekan pascapetik memiliki kadar kemanisan yang mencapai 17°briks. Cita rasanya tergolong sangat manis.

Satu pohon kurma KL-1 mampu menghasilkan 5–7 tandan buah ketika berumur tiga tahun. Berat per tandannya dapat mencapai 5–10 kg. KL-1 sering dikonsumsi dalam bentuk segar (khalal) atau dalam bentuk buah kering (tamr). Dalam bentuk segar, kurma KL-1 memiliki tekstur yang renyah, kemudian teksturnya berubah menjadi lembut ketika memasuki fase tamr dan warnanya berubah menjadi cokelat.

Varietas kurma asal Thailand ini merupakan hasil persilangan antara kurma barhee sebagai indukan jantan dan daglet noor sebagai indukan betina. Barhee berasal dari Irak dan daglet noor berasal dari Aljazair. Kurma barhee memiliki rasa yang manis sedikit sepat pada fase khalal, sedangkan di fase tamr rasanya menjadi seperti karamel dengan tekstur daging yang sangat lembut.

Barhee dikebunkan secara massal di Iran, Israel, Suriah, Arab Saudi, dan India. Produktivitas kurma yang dibudidayakan di Iran mencapai 350 kg per pohon, di Israel mencapai 200 kg per pohon, di Suriah 300 kg per pohon, Arab saudi 145 kg per pohon, dan Palestina 120 kg per pohon.

Baca Juga:  Budidaya Krisan dengan Sistem Aeroponik Bikin Panen Lebih Cepat

Adapun buah kurma daglet noor pada fase khalal berwarna kuning cerah dan pada fase tamr warnanya berubah menjadi kuning keemasan, transparan, dan berkerut. Rasa daglet noor manis dan sedikit asam bila dibandingkan dengan varietas kurma lainnya. Kulit buah daglet noor sangat tipis, tembus pandang, dan keras. Daglet noor banyak dibudidayakan di Tunisia, Libya, dan Amerika Serikat.