Keunikan Sengon Morotai Asal Maluku

PertaniankuSengon morotai termasuk salah satu varietas sengon unggul karena pertumbuhannya yang relatif lebih cepat dibanding varietas sengon lokal. Nama morotai pada jenis sengon ini diberikan karena tanaman memang berasal dari Pulau Morotai di timur Maluku.

sengon morotai
foto: pertanianku

Tanaman sengon morotai berumur 5 tahun sudah memiliki batang dengan diameter 29 cm. Sementara itu, pada umur yang sama, ukuran batang sengon lokal hanya berkisar 25 cm. Di Temanggung, Jawa Tengah, sengon morotai saat umur 2,5 tahun mencapai tinggi 15 m dan diameter 14 cm. Adapun sengon lokal di umur yang sama baru mencapai tinggi 10 m dan diameter 9 cm.

Menurut Dr. Eko Bhakti Hardiyanto, peneliti sengon dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, sengon morotai berumur 6 tahun dapat mencapai diameter 35 cm dan tinggi 20 m dengan volume kayu sekitar 0,98 m3 per pohon.

Uniknya, sosok sengon asal Maluku ini hampir sama seperti sengon lokal umumnya. Hal ini sering menjadi kendala bagi pekebun yang masih kesulitan membedakan antara morotai dan jenis sengon lainnya. Pekebun biasanya membedakan tanaman ini dari ukuran biji. Biji morotai cenderung lebih kecil dan tipis bila dibandingkan dengan sengon lokal seperti albasia.

Meski berasal dari Maluku, belum banyak pekebun yang menanam sengon morotai. Salah satu kendala terbesar dari budidaya sengon ini adalah sulit mendapatkan bibit dari penangkar tepercaya.

Selain di Indonesia, morotai juga sudah menyebar hingga ke Hawai. Jenis sengon ini pertama kali masuk ke Hawai pada 1917. Saat itu tanaman sengon digunakan sebagai tanaman hias dan tanaman penghijauan.

Di Hawai, ketinggian sengon morotai dapat tumbuh 5 m per tahun. Biji tanaman juga mudah tumbuh sehingga akhirnya morotai menjadi tanaman invasif yang mudah menyebar. Apalagi, daya adaptasi morotai terbilang cukup luas. Sengon ini bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut (dpl).

Baca Juga:  Kunci Keberhasilan Membuat Pisang Awet Selama 23 Hari

Di Amerika Serikat, sengon asal Maluku sengaja ditanam untuk memenuhi produksi. Pasalnya, kayu morotai lunak dan ringan. Biasanya, kayu sengon digunakan untuk membuat kotak teh, kotak korek api, palet ringan, rak, produksi kertas tertentu, dan pengganti kayu pinus sebagai penghasil pulp.