Keuntungan Berlipat Ganda dengan Memperpanjang Umur Tanaman Cabai

Pertanianku — Memperpanjang umur tanaman cabai  dapat mendatangkan keuntungan yang berlipat untuk petani. Petani tidak perlu melakukan penanaman bibit yang kedua ataupun ketiga. Dengan begitu, petani dapat menghemat biaya penanaman. Artinya, petani dapat mendapatkan keuntungan tiga kali panen dengan hanya sekali tanam.

tanaman cabai
foto: unsplash

Jika petani melakukan perpanjangan umur tanaman cabai, pada masa panen kedua petani tidak perlu mengeluarkan biaya tanam tetapi hanya biaya perawatan seperti pemupukan, pengobatan, serta tenaga kerja dan biaya pemeliharaan lainnya. Jika ditotal, biaya yang dikeluarkan hanya 25 persen dari biaya penanaman.

Penyusutan produksi pada tanaman cabai yang dipanjangkan umurnya hanya berlangsung sekitar 15 persen dari total produksi pada periode pertama. Jika dilakukan dengan benar, penyusutan tidak akan menjadi masalah. Hasil yang didapatkan masih akan tetap besar.

Loading...

Pada periode panen ketiga, petani juga hanya akan mengeluarkan biaya perawatan tanaman cabai yang hanya 25 persen dari modal awal. Penyusutan produksi di panen ketiga ini terjadi sekitar 30 persen. Pada periode panen ini petani masih akan tetap mendapatkan keuntungan yang besar.

Perpanjangan umur produktif tanaman cabai hanya efektif sampai periode panen ketiga. Jika lebih dari itu, tanaman sudah tidak akan produktif dan tidak menguntungkan bagi petani.

Setelah periode panen ketiga, tanaman akan terus berkembang dan mulai tidak mampu tegak berdiri sehingga membantukan tiang penyangga. Pada masa ini cabang pohon akan semakin meninggi dan merambat sehingga menyatu dengan pohon yang berada di sebelahnya. Kondisi tanaman yang kian rapat akan menyebabkan tingkat kelembapan tinggi dan berujung dengan serangan hama karena tingkat kelembapan yang rendah.

Pada saat kondisi tanaman sudah mulai terserang hama, petani pun harus mengeluarkan biaya pengobatan yang cukup besar. Ini karena hama mudah menyebar antara pohon satu dan yang lainnya. Oleh karena itu, pohon cabai hanya efektif dilakukan perpanjangan umur selama tiga kali periode panen.

Baca Juga:  Griin.id Perusahaan Start up Penghasil Produk Diversifikasi Produk Tani

Umur cabai setiap satu musim adalah enam bulan. Dengan begitu, jika dilakukan perpanjangan, umur tanaman akan menjadi delapan belas hingga dua puluh bulan. Satu musim cabai bisa dipetik sebanyak enam belas hingga dua puluh petikan. Jika umur cabai mencapai tiga musim, jumlah petikan yang dapat dilakukan oleh petani adalah enam puluh kali petikan.

Loading...
Loading...