Keuntungan Bertanam Buah di dalam Pot

Pertanianku Bertanam buah dalam pot atau tambulapot sudah mulai populer. Saat ini hampir seluruh rumah yang memiliki lahan pekarangan sempit cukup menanam pohon buah dalam pot. Tak dimungkiri, jika menanam buah memang memiliki banyak keuntungan.

bertanam buah di dalam pot
foto: unsplash

Pada mulanya penanaman buah di dalam pot dilakukan secara tidak sengaja. Bibit pohon buah dalam pot yang akan dijual tapi tidak terjual dalam waktu cepat membuat pohon matang dan menghasilkan buah. Dari sinilah muncul ide untuk menanam buah di dalam pot.

Solusi pekarangan kecil

Loading...

Masyarakat yang memiliki lahan terbatas, tetapi tetap ingin menanam pohon buah, tabulampot dapat menjadi solusinya. Pasalnya, sistem tabulampot tidak memerlukan lahan yang luas. Tanaman tabulampot yang mudah didapatkan adalah jambu biji, nangka mini, anggur melon, lengkeng, mangga, jambu air, dan jeruk.

Hampir seluruh rumah yang berada di kompleks menggunakan tabulampot. Alasannya, lebih praktis dan tidak membutuhkan lahan yang luas.

Perawatan yang mudah

Perawatan tabulampot terbilang cukup mudah. Memelihara tabulampot tidak begitu sulit, hanya perlu menyiapkan kebutuhan tanaman, tanaman pasti akan cepat berbuah. Selain itu, tabulampot lebih fleksibel untuk dipindah-pindahkan sesuai selera. Oleh karena itu, bagi mereka yang sering melakukan pindah rumah, tabulampot tidak merepotkan.

Efisien dalam pemberian pupuk dan air

Pupuk yang diberikan akan lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan untuk satu pohon. Tidak ada pupuk yang terbuang karena penyemprotan pupuk langsung untuk satu pohon. Begitu juga dengan air, tabulampot lebih mengefisiensikan penggunaan air. Saat pengairan tidak memerlukan banyak air untuk membasahi tanah sebagai media hidup tanaman.

Memperindah taman dan rumah

Penanaman tabulampot dapat memperindah penampilan rumah sehingga rumah dan pekarangan terlihat lebih rindang dan sejuk. Selain itu, pohon buah yang ditanam juga akan menghasilkan buah yang lebih sehat dan segar. Selain dapat memperindah penampilan pohon, buah tersebut dapat langsung dikonsumsi oleh pemilik rumah.

Baca Juga:  Resep Jus Buah Kombinasi, Ampuh Menurunkan Berat Badan

Tentunya kebahagiaan yang akan didapatkan lebih banyak ketika mendapatkan buah sendiri dari pohon di pekarangan rumah yang ditanam hingga dipanen sendiri.

 

Loading...
Loading...