Keuntungan Budi Daya Seriti


Budi daya seriti memiliki beberapa keuntungan, sebagai berikut.

a. Liur dapat dikonsumsi

Seperti halnya dengan walet, air liur seriti juga dapat dikonsumsi. Namun, sarang seriti harus dipisahkan dahulu dari bahan pembuatnya, seperti rerumputan. Kisaran harga sarang seriti yaitu Rp 300.000—1.500.000.

Keuntungan Budi Daya Seriti

b. Jalan untuk pembudidayaan walet

Untuk pembudidayaan walet, jalan pertama yang dapat ditempuh yaitu budi daya seriti. Caranya dengan melakukan putar telur, yaitu menggantikan telur seriti dengan telur walet untuk dierami oleh seriti. Hal-hal yang harus diperhatikan untuk keberhasilan proses putar telur sebagai berikut.

  1. Memperhatikan kondisi yang lembap dan gelap sebagai sarana hidup walet. Oleh karenanya, dari awal harus disiapkan ruang atau kamar untuk walet.
  2. Telur walet yang disiapkan harus fertil dan tidak busuk.

c. Rumah seriti dijual dengan harga mahal

Konsumen dapat membeli rumah seriti dengan harga yang tinggi karena sebagai salah satu jalan untuk budi daya walet yang mempunyai keuntungan berlipat. Selain berfungsi untuk tempat tinggal, rumah atau lumbung padi yang telah dihuni seriti juga sebagai lahan usaha yang menguntungkan sehingga apabila dikelola dengan benar, dapat menjadi tambang emas bagi pemiliknya.

d. Sebagai pembasmi wereng

Makanan seriti berupa serangga, salah satunya wereng. Dengan adanya seriti maka lahan pertanian akan terbebas dari hama wereng.

e. Kotoran seriti dijadikan pupuk

Seriti termasuk burung yang tidak menyukai lingkungan yang kotor di sarangnya. Dengan demikian, kotoran seriti secara naluri langsung dibuang keluar dari sarangnya. Kotoran yang terkumpul ini dapat dijadikan pupuk tanaman. Saat ini, harga pupuk kotoran seriti mencapai Rp 200.000 per kuintal.

Berdasarkan pengalaman petani, tanaman akan tumbuh subur apabila dipupuk menggunakan kotorang seriti atau walet.

Baca Juga:  Budidaya Tokek Itu Gampang, Begini Caranya!

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Walet

 

loading...
loading...