Keuntungan Budidaya Bandeng Organik

Pertanianku— Belakangan ini sudah mulai banyak pembudidaya bandeng yang menerapkan sistem budidaya organik dan meminimalisir penggunaan bahan kimia. Lantaran keuntungan budidaya bandeng organik lebih menguntungkan dan ramah lingkungan.

bandeng organik
foto: pertanianku

Awalnya pembudidaya bandeng hanya menggunakan pupuk organik seperti pupuk hijau, kompos, dan pupuk kandang. Namun, semakin luasnya area pertambakan membuat pupuk organik tidak lagi mencukupi kebutuhan sehingga muncul pupuk anorganik atau pupuk kimia seperti urea, ZA, atau TSP.

Penggunaan pupuk anorganik memang memiliki beberapa kelebihan, seperti memberikan efek lebih cepat dalam pertumbuhan dan lebih praktis serta menarik. Tentu saja kelebihan tersebut membuat banyak pembudidaya tertarik untuk menggunakannya kembali. Padahal, penggunaan pupuk anorganik bisa menyebabkan kondisi tanah dan lingkungan menurun. Akhirnya, kondisi tanah atau lahan tambak menjadi rusak sehingga petambak harus menggunakan pupuk organik kembali.

Memang efek yang ditimbulkan dari pupuk organik lebih lambat, tetapi pupuk organik lebih ramah lingkungan sehingga tidak membuat tanah rusak meski digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dilansir dari buku Panen Bandeng 50 Hari, potensi penggunaan pupuk organik akan memberikan gairah baru bagi pembudidaya tambak bandeng. Hal itu karena hasil yang diperoleh berlimpah dan biaya yang dikeluarkan relatif rendah. Pupuk organik juga dapat menjadi solusi untuk permasalahan kerusakan pada tanah dan menjaga kelestarian tambak agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Penggunaan pupuk berbahan kimia dikhawatirkan dapat menyebabkan residu pada hasil panen. Residu tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan manusia yang akan mengonsumsinya. Oleh karena itu, penggunaan pupuk organik lebih diprioritaskan.

Efektivitas dan efisiensi bisnis penggunaan pola organik sangat bergantung pada cara budidaya, mulai dari mendapatkan benih yang baik sampai dengan metode penggunaan pupuk organik dan bahan pendukung lainnya, seperti kotoran kerbau/sapi dan batang pohon pisang. Dengan demikian, penerapan pola organik akan menghasilkan panen dengan kuantitas yang tinggi dan dampak yang ditimbulkan dari penggunaan pupuk organik juga merupakan limbah yang tidak berbahaya bagi lingkungan.

Baca Juga:  Kunci Sukses Budidaya Belut

Buku Panen Bandeng 50 Hari bisa Anda dapatkan dengan menghubungi admin WhatsApp Penebar Swadaya. Buku ini dapat menjadi sumber referensi bagi Anda yang sedang belajar budidaya ikan bandeng.