Keuntungan dan Kekurangan Pestisida Hayati dan Nabati

Pertanianku— Semakin maraknya orang-orang yang mulai berkebun di pekarangan membuat semakin banyak yang tertarik untuk menggunakan pestisida bebas bahan kimia seperti pestisida nabati dan pestisida hayati. Sebenarnya apa keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan pestisida nabati dan hayati, lalu apa saja kekurangan dari penggunaan pestisda bebas bahan kimia ini? Simak ulasan berikut ini.

pestisida nabati
foto: pertanianku

Pestisida hayati

Pestisida hayati adalah pestisida yang menggunakan bahan baku utama berupa mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan cendawan untuk menyerang hama tertentu. Hama yang diberikan pestisida hayati akan mengalami keterlambatan tumbuh, bahkan bisa mati. Namun, penggunaan petisida hayati tidak selalu bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah yang ada.

Loading...

Pestisida hayati hanya bisa digunakan untuk mengendalikan kutu putih, aphids, thrips, dan mites. Pestisida yang mengandung Bacillus thuringenis dapat digunakan untuk mengendalikan ulat pemakan daun di sayuran. Sementara itu, yang mengandung virus Se NPV digunakan untuk mengendalikan ulat grayak di tanaman bawang.

Masih banyak jenis pestisida hayati lainnya yang bisa digunakan, hanya saja penggunaannya tidak bisa luas, terbatas pada jenis hama dan penyakit tertentu.

Pestisida nabati

Pestisida nabati adalah pestisida berbahan dasar tanaman dan hewan. Kelebihan pestisida ini adalah bisa mengalami degradasi yang lebih cepat oleh sinar matahari. Penggunaan pestisida nabati dapat membuat hama kehilangan nafsu makan dan akhirnya pergi meninggalkan tanaman.

Kekurangan dari penggunaan pestisida nabati adalah harus diaplikasikan lebih sering. Selain itu, kapasitas produksi pestisida ini masih kecil sehingga tidak bisa dilakukan untuk penggunaan masal. Ketersediaan di toko pertanian pun masih sangat terbatas.

Salah satu toko pertanian yang bisa menjadi solusi aktivitas berkebun Anda adalah Toko Trubus. Toko Trubus menyediakan berbagai pestisida untuk keperluan berkebun di pekarangan. Untuk informasi ketersediaan pestisida sesuai kebutuhan, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan admin Toko Trubus.

Baca Juga:  Langkah Mudah Membuat Minyak Atsiri Bunga Sedap Malam

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh pestisida nabati adalah kandungan toksisitasnya rendah sehingga aman untuk manusia dan hewan serta memiliki spektrum pengendalian yang luas dan bersifat selektif. Pestisida nabati bisa menjadi andalan untuk mengatasi hama yang sudah kebal dengan pestisida sintetis karena penggunaan jangka panjang. Namun Anda harus memerhatikan dosis pemakaian pestisida nabati, karena jika digunakan dalam dosis tinggi justru dapat membahayakan tanaman sayuran.

Loading...
Loading...