Keuntungan dan Kerugian Menanam Tanaman Sela di Kebun Gaharu

PertaniankuTanaman sela merupakan tanaman lain yang berada di sela-sela tanaman pokok. Budidaya gaharu biasanya menggunakan tanaman sela berupa palawija seperti jagung dan kacang tanah, sedangkan umbi-umbian tidak dianjurkan karena membutuhkan banyak unsur hara untuk pertumbuhan sehingga dapat menyerap persediaan unsur hara tanaman pokok.

tanaman sela
foto: pertanianku

Penanaman tanaman yang berada di antara pohon gaharu ini tidak bersifat wajib sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pekebun. Penanaman tanaman sela di kebun gaharu sebenarnya bisa mendatangkan keuntungan sekaligus kerugian yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

Keuntungan

Keuntungan menanam tanaman sela ialah dapat menjadi sumber pemasukan ketika tanaman gaharu belum memasuki waktu panen. Selain itu, keberadaan tanaman sela dapat menjadi penghasilan tambahan sehingga petani tak hanya mendapatkan penghasilan dari penjualan komoditas gaharu, tetapi juga dari penjualan komoditas lain.

Kerugian

Meski bisa menjadi sumber pendapatan tambahan ataupun sementara, pengelolaan tanaman yang berada di antara pohon gaharu tetap membutuhkan biaya operasional yang perlu Anda pertimbangkan. Oleh karena itu, jangan sampai biaya perawatan tanaman justru malah menyebabkan biaya perawatan membengkak.

Cara perawatan juga penting diperhatikan karena tenaga kerja yang dibutuhkan pasti meningkat. Diperlukan adanya strategi agar kebutuhan tenaga kerja bisa efisien. Pasalnya, tanaman juga butuh dirawat dengan benar agar dapat menghasilkan panen sesuai dengan harapan.

Permasalahan lain yang kerap timbul ialah salah pilih jenis tanaman dan waktu tanam. Anda harus tepat memilih jenis tanam karena tanaman yang berada di antara pohon gaharu hanya mengandalkan turunnya hujan untuk pengairan. Untuk menanam gaharu dengan pola tanaman sela, dapat dilakukan cara budidaya sebagai berikut.

Kerugian penanaman juga bisa berasal dari jarak lubang tanam yang tidak tepat. Ketika Anda memutuskan untuk menanam tanaman sela, sebaiknya perhitungkan jarak tanam sesuai dengan jenis tanaman yang dipilih. Misalnya, jarak lubang tanam, yaitu 3 m × 3 m untuk tanaman gaharu, sedangkan jarak tanam pepaya 3 m × 3 m. Tempatkan tanaman di antara tanaman gaharu.

Baca Juga:  Mengatasi Serangan Ulat pada Tanaman Cabai