Keuntungan Menanam Cabai di Musim Hujan

Pertanianku — Sebagian besar petani beranggapan jika menanam cabai di musim hujan sama saja cari masalah alias mendatangkan penyakit. Memang benar pada musim hujan cabai sangat rentan terkena serangan berbagai hama dan penyakit. Namun, menanam cabai di musim hujan sebenarnya bisa saja dilakukan dengan teknik yang benar.

cabai di musim hujan
fotoa; pertanianku

Salah satu keuntungan menanam cabai ketika curah hujan sedang tinggi adalah sedikitnya pesaing. Tidak banyak petani yang mau menanam cabai pada musim hujan. Akibatnya, banyak permintaan cabai di pasaran yang tidak terpenuhi dan otomatis membuat harganya menjadi melambung.

Penanaman di musim hujan bisa dilakukan di setiap daerah, apalagi di daerah yang kekurangan air seperti daerah tadah hujan atau daerah dataran menengah hingga dataran tinggi. Anda hanya bisa mendapatkan keuntungan ini jika benar-benar menguasai teknik menanam cabai yang benar.

Loading...

Jika lahan yang Anda gunakan berupa terasering, lakukan penanaman dari petak paling bawah. Hal ini berguna pada saat tanaman tertua terserang penyakit, penularannya tidak akan mudah terjadi melalui air. Jika ditanam pada petak paling atas, penyakit akan terbawa ke bawah bersama air dan seluruh tanaman akan sakit semua.

Salah satu ancaman dari bertanam cabai di musim hujan adalah risiko kerusakan tanaman yang sangat besar akibat penyakit. Penyakit yang mungkin saja terjadi adalah antraknosa (patek), bercak daun, dan layu bakteri. Penyakit memang menjadi momok utama bagi para petani di musim hujan.

Penyakit tersebut membuat kebutuhan pestisida, khususnya fungisida dan bakterisida menjadi lebih tinggi dibanding musim kemarau. Meskipun tindakan pencegahan sudah dilakukan secara intensif, petani masih saja bisa mengalami serangan penyakit pohon cabai yang menewaskan sebagian besar pohon.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Kendala Budidaya Sayuran di Rumah

Selain serangan penyakit, hambatan lainnya adalah tenaga kerja yang tidak bisa bekerja secara optimal karena cuaca dan mengakibatkan biaya tenaga kerja membengkak. Penanganan yang terhambat dan penyakit yang menyebar dengan cepat, paket lengkap yang membuat petani berpikir berulang kali ketika ingin memulai.

Oleh karena itu, sebelum Anda memulai menanam cabai pada intensitas hujan tinggi, sebaiknya raih pengetahuan sebanyak mungkin. Misalnya, dari petani cabai yang sudah sukses bertanam cabai meskipun musim hujan atau dengan membaca berbagai literatur seperti buku 8 Rahasia Sukses Tanam Cabai Tahan Hujan. Dalam buku tersebut membahas mulai dari persiapan yang harus dilakukan sebelum bertanam hingga penanganan pascapanen agar cabai tidak mudah busuk.

Loading...
Loading...