Keuntungan Menanam Melon di Pot

Pertanianku— Melon termasuk buah yang bisa ditanam di pot. Penanamannya tidak begitu rumit, tetapi memerlukan perawatan yang lebih intensif. Tabulampot melon memiliki banyak keuntungan untuk Anda yang tertarik ingin coba menanamnya. Apalagi, untuk masyarakat perkotaan yang memiliki lahan terbatas. Tak hanya untuk skala hobi, tabulampot melon pun bisa dikembangkan dalam skala komersial yang lebih besar.

tabulampot melon
Foto: freepik

Berikut ini keuntungan tabulampot melon yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Mudah diatur

Anda dapat mengatur pot-pot yang berisi tanaman melon dalam jarak yang tepat. Pot tersebut bisa diletakkan di ruang sempit yang berada di teras depan, samping, atau balkon rumah.

Pot-pot berisi tanaman ini dapat dipindahkan bila ternyata tempat yang dipilih kurang sesuai, bisa jadi karena suhu di tempat tersebut terlalu panas pada siang hari atau terkena air hujan yang deras. Pemindahan pot berguna melindungi tanaman dari kerontokan yang disebabkan oleh hujan deras. Dengan begitu, Anda dapat mencegah kerontokan tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk membuat paranet atau naungan.

Sebagai tanaman hias

Tabulampot melon tidak hanya menghasilkan buah melon yang manis, tetapi juga bisa difungsikan sebagai tanaman hias untuk memperindah tampilan rumah. Sebagai tanaman hias, tabulampot bisa diletakkan di teras, balkon, atau bahkan di ruang tamu bila memungkinkan.

Mudah dipelihara

Tanaman melon di pot memang memerlukan perawatan intensif, tetapi perawatannya tergolong gampang. Bahkan, pekebun mengatakan lebih mudah merawat tanaman melon di pot. Pasalnya, di lapangan, pekebun harus menyiangi gulma yang tumbuh di sekitar tanaman. Penyiangan gulma di dalam pot relatif lebih mudah karena gulma tidak menjalar ke mana-mana.

Pemberian pupuk dan air juga lebih efisien karena tanaman melon tidak akan bersaing dengan tanaman melon lainnya. Penanaman di pot dapat memudahkan proses pemantauan serangan hama dan penyakit karena di dalam 1 pot hanya terdiri atas 1–2 tanaman sehingga lebih mudah terlihat.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Agen Hayati

Panen lebih mudah

Perawatan intensif juga dapat memudahkan panen karena tanaman tersusun rapi. Selain itu, buah yang dihasilkan cenderung lebih segar.