Keuntungan Menanam Melon di Pot

Pertanianku – Taman Buah Mekarsari di Cileungsi, Bogor-Jawa Barat, sebagai salah satu tempat pengembangan tanaman hortikultura membudidayakan tanaman melon dalam pot atau populer dengan sebutan tabulampot. Tabulampot merupakan salah satu cara untuk menghijaukan pekarangan rumah masyarakat yang tinggal di perkotaan yang memiliki lahan sempit dan tertutup semen.

Keuntungan Menanam Melon di Pot

Pekarangan sempit bukan halangan untuk memetik buah dari halaman rumah. Tabulampot memang pas untuk rumah dengan halaman terbatas. Tabulampot sendiri bukanlah cara budi daya yang asing bagi masyarakat saat ini. Khususnya di kota-kota besar yang memiliki lahan terbuka yang sangat sempit, tabulampot dapat dijadikan solusi alternatif bagi mereka yang ingin bertanam melon. Pot-pot berisi tanaman melon dapat ditempatkan dalam jarak yang berdekatan dengan memanfaatkan ruang yang sempit di teras depan, samping, ataupun balkon rumah.

Loading...

Tabulampot melon dapat digunakan juga sebagai penghias taman, teras, balkon ataupun ruang tamu. Tabulampot juga mudah dipindahtempatkan. Jika suhu tempat tabulampot diletakkan menjadi semakin panas, tabulampot dapat dipindahkan ke sisi rumah yang lebih teduh. Begitu pun jika tiba-tiba hujan deras mengguyur halaman rumah, tabulampot bisa langsung dipindahkan ke tempat lain yang lebih aman sehingga kerontokan buah akibat hujan dapat dihindari tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan seperti membuat naungan/paranet.

Perawatan tabulampot cukup mudah jika dibandingkan dengan ditanam di lapangan terbuka karena gulma (tanaman pengganggu) yang tumbuh lebih sedikit dan mudah diberantas karena tidak menjalar ke manamana. Selain itu, pupuk dan air yang diberikan pada tanaman lebih efisien karena tidak terjadi persaingan dengan akar tanaman lain dalam penyerapan air dan unsur hara dari pupuk. Hama dan penyakit yang mengganggu pun lebih mudah dikendalikan karena dalam 1 pot hanya berisi 1—2 tanaman sehingga mudah terlihat jika terjadi serangan hama dan penyakit. Tabulampot melon juga dapat  diusahakan dalam skala komersial seperti yang sudah dilakukan oleh Taman Wisata Mekarsari.

Baca Juga:  Cara Mencegah Serangan Lalat Buah pada Jambu Air Khiojok

 

Sumber Buku: Bertanam Melon Eksklusif dalam Pot

 

Loading...
Loading...