Keuntungan Menanam Pohon Mangga dari Hasil Cangkok

Pertanianku — Salah satu cara menanam pohon mangga yang paling populer adalah dengan mencangkok (selain setek). Mencangkok sendiri memiliki arti memperbanyak tanaman baru yang masuk dalam pengembangbiakan secara vegetatif buatan. Menanam mangga dengan bibit cangkokan bukan tanpa alasan dipilih banyak orang. Pasalnya, ada banyak keuntungan yang didapat jika menanam mangga dari hasil cangkok.

menanam mangga dari hasil cangkok
Foto: Shutterstock

1. Pohon mangga dapat ditanam dalam pot

Mangga yang masih muda dan sudah melalui proses cangkok dapat ditanam dalam pot. Hal ini tentu tidak bertahan lama karena akar tunggal dari pohon mangga membutuhkan media tanam yang dalam.

Loading...

2. Pohon mangga akan cepat besar dan berbuah

Dikarenakan mendapatkan nutrisi dari tanaman induknya, tanaman hasil cangkok akan cepat tumbuh besar dan menghasilkan buah. Ditambah lagi, induk tanaman yang pernah berbuah akan menurunkan sifat berbuahnya pada tanaman yang sudah dicangkok dan akan mudah berbuah juga meskipun masih muda.

3. Kemungkinan untuk tidak berbuah sedikit

Pohon mangga cangkokan akan memiliki kemungkinan berhasil yang lebih besar dibandingkan dengan gagalnya, baik keberhasilan dalam tumbuh besar maupun menghasilkan buah mangga yang lebat. Untuk itu, beberapa jenis buah yang dilakukan pencangkokan akan dapat berhasil tumbuh dan menghasilkan banyak buah tanpa harus menunggu lama.

4. Memiliki sifat yang sama dengan induknya

Tanaman yang dicangkok terkadang memiliki sifat indukan yang berbeda meskipun dari jenis tanaman mangga yang sama. Namun karena dicangkok saat masih muda, pohon mangga yang dicangkok akan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Buah yang dihasilkan pun nantinya akan memiliki hasil dengan karakteristik yang sama seperti induknya.

5. Produktivitas tinggi

Pohon mangga cangkok akan memiliki produktivitas dalam menghasilkan buah yang lebih tinggi dibandingkan dengan pohon mangga yang ditanam dari biji atau bibit asli. Selain itu, nutrisi yang tersedia juga harus mendukung. Pasalnya, meskipun sudah dilakukan cangkok, jika pohon mangga tidak diberikan pupuk atau nutrisi yang baik, tentu tanaman akan tidak produktif.

Baca Juga:  Pemberian Air untuk Tanaman Buah Tidak Boleh Dilakukan Sembarangan

Sama halnya dengan tanaman lain, pohon mangga cangkok juga memerlukan perawatan ekstra dan nutrisi penunjang terutama pada bagian cangkoknya tersebut.

Loading...
Loading...