Keuntungan Menanam Tanaman Buah di Pot

Pertanianku — Tanaman buah dalam pot atau tabulampot bukan merupakan hal baru. Saat ini tabulampot sudah sering dipilih oleh pehobi tanaman untuk menghiasi pekarangan rumah. Tabulampot tercipta secara tidak sengaja, saat bibit-bibit yang dijual oleh pedagang yang berada di dalam pot atau polibag tidak laku terjual. Lambat laun bibit tersebut malah berbuah. Dari sinilah muncul ide untuk menanam buah di pot.

menanam di dalam pot
foto: Pertanianku

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menanam tanaman buah di pot. Simak ulasannya di bawah ini.

Cocok untuk lahan terbatas

Bagi masyarakat perkotaan yang memiliki lahan terbatas tetapi ingin menanam tanaman buah di sekitar rumahnya, tabulampot bisa menjadi solusi. Dengan memanfaatkan lahan yang tidak luas, beberapa jenis tanaman bisa ditempatkan dalam lokasi yang berdekatan. Namun, Anda harus tetap memerhatikan jarak antara kedua tanaman, pastikan jangan terlalu rapat agar tidak terlalu rimbun. Kondisi yang rimbun dapat memicu hadirnya hama dan penyakit bagi tanaman.

Banyak jenis tanaman buah yang bisa ditanam di pot

Hingga saat ini, ada banyak jenis tanaman buah yang sudah dapat ditanam dan berbuah di pot. Tanaman buah tersebut antara lain mangga, jambu air, jambu biji, nangka mini, jeruk, anggur, melon, dan lengkeng. Dari semua jenis tanaman buah yang bisa ditanam di pot, jenis yang paling banyak ditemukan adalah mangga dan jambu air.

Mudah dirawat

Sebagian besar cara perawatan tabulampot tidak berbeda dengan tanaman yang ditanam langsung di lahan. Anda hanya perlu menambahkan beberapa perawatan khusus agar tanaman dapat tetap hidup dengan baik di pot. Selain itu, tanaman lebih mudah dipindahtempatkan sehingga Anda bisa menyusunnya dengan mudah sesuai selera. Apalagi, saat harus pindah rumah, tentunya tanaman buah kesayangan Anda bisa ikut dibawa pindah ke lokasi baru dengan aman.

Baca Juga:  Media Tumbuh yang Tepat untuk Budidaya Jamur Merang

Dapat menambah keindahan pekarangan

Hasil yang didapatkan tabulampot bukan hanya buahnya, melainkan keindahan bentuk fisik tanaman. Apalagi, jika tabulampot tersebut sangat terawat.

Tanaman buah dalam pot lebih asyik dipandang dibanding tanaman hias berupa bunga dan nonbunga. Kenikmatan ganda bisa diperoleh dari tabulampot. Selain bisa memandangi indahnya bunga dan menghirup wangi bunga, kita juga bisa menikmati indahnya buah yang matang dengan aneka warna bergantungan pada dahan.