Keuntungan Menanam Tanaman Hias Sirih Merah

Pertanianku Sirih merah terkenal sebagai tanaman hias yang berkhasiat untuk kesehatan. Daunnya yang berwarna merah menjadi salah satu daya tarik yang dapat menambah keindahan pekarangan rumah. Sirih sudah terkenal sebagai tanaman hias di Indonesia sejak 1990-an. Sementara itu, sebagai tanaman obat, sirih ini sudah dikenal secara turun-temurun sejak lama dan sering digunakan dalam berbagai resep ramuan herbal.

sirih merah
foto: Pixabay

Piper crocatum atau sirih merah biasanya tumbuh merambat pada pagar atau pohon. Batang tanaman berbentuk bulat, berwarna hijau keunguan, dan tidak berbunga. Daun tanaman berbentuk seperti jantung hati, bagian atasnya meruncing, dan bertangkai. Permukaan daun mengilap dan tidak rata.

Tanaman yang tumbuh subur dapat menghasilkan daun sepanjang 5—10 cm. Jika daun dipegang, akan terasa tebal dan kaku (tidak lemas).

Tanaman hias sekaligus tanaman obat ini cenderung mudah tumbuh di tempat yang teduh, seperti di bawah pohon besar yang rindang. Sirih merah juga bisa tumbuh subur di tempat berhawa sejuk. Sirih yang tumbuh di tempat yang teduh akan menghasilkan daun yang lebar. Warna merah pada bawah daun tanaman akan terlihat cantik seperti merah marun. Batang tanaman pun tumbuh gemuk.

Sementara itu, tanaman sirih merah yang terlalu sering terkena sinar matahari dapat menyebabkan batang tanaman cepat mengering. Tanaman hias ini tidak bisa terlalu sering terkena banyak air karena akar dan batang tanaman akan membusuk.

Sirih merah sudah digunakan sebagai obat herbal secara turun-temurun, terutama di Keraton Yogyakarta. Tanaman ini sudah dikonsumsi sejak dahulu untuk menyembuhkan berbagai penyakit, bahkan sering disajikan pada upacara adat ngadi saliro.

Masyarakat Suku Jawa biasa menggunakan sirih merah untuk menyembuhkan penyakit ambeien, keputihan, dan obat kumur.

Baca Juga:  6 Tanaman yang Sering Digunakan untuk Membersihkan Gigi

Dalam perkembangannya, diketahui bahwa daun sirih merah bisa dipakai untuk mengobati penyakit diabetes. Dengan meminum air rebusan sirih setiap hari, Anda dapat menurunkan kadar gula darah sampai pada tingkat yang normal. Selain itu, daun sirih merah juga terbukti ampuh mengobati penyakit kanker