Keuntungan Menanam Tomat di Dalam Pot

Pertanianku — Keterbatasan lahan bukan menjadi penghalang untuk Anda mulai menanam tanaman sayur di pekarangan. Salah satu tanaman sayur yang disukai oleh ibu rumah tangga adalah tomat. Menanam tomat bisa dilakukan di dalam pot untuk mengatasi permasalahan lahan yang terbatas.

menanam tomat
foto: pertanianku

Tanaman tomat memiliki sosok yang indah, pohonnya tidak terlalu besar dengan bentuk daunnya yang unik. Tanaman hanya dapat tumbuh hingga setinggi 1—2 meter dengan bentuk tajuk yang tergolong kompak. Saat buah sudah matang, perpaduan warna antara hijau daun dan merahnya buah tomat menjadi pemandangan yang bisa menyegarkan pandangan dan pikiran. Penanamannya bisa menjadi solusi penghijauan rumah juga.

Kegiatan menanam tomat di dalam pot memiliki banyak keuntungan yang bisa dirasakan. Salah satunya adalah memanfaatkan bagian yang kosong di sekitar teras rumah untuk ditempatkan pot tanaman tomat. Bagian tersebut bisa terlihat menjadi lebih indah.

Loading...

Menanam sayuran di dalam pot memang sudah menjadi salah satu solusi untuk masyarakat kota yang ingin menanam sayur tetapi terbatas dengan lahan. Dengan menanamnya di pot, Anda tetap bisa menikmati keindahan pohon yang dirawat sendiri, apalagi saat tanaman itu berbuah.

Selain bisa menjadi solusi bagi masyarakat perkotaan untuk bertani, menanam sayuran di dalam pot bisa memicu perkembangan teknologi pertanian untuk terus tumbuh agar semakin banyak solusi yang bisa dipecahkan dalam masalah pertanian.

Tentunya semua keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan apabila menanam tomat atau jenis sayuran lainnya di dalam pot yang diletakkan di ruang atau sekitar rumah.

Anda bisa mendapatkan nilai estetika serta manfaat dari tomat yang dihasilkan. Tomat merupakan sayuran buah yang bisa digunakan di beberapa masakan atau dimakan langsung.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Tomat di Musim Hujan

Saat ini, Anda juga bisa menerapkan cara menanam hidroponik, tidak menggunakan media tanah. Penanaman tersebut juga bisa dilakukan untuk skala besar yang mendatangkan keuntungan.

Keuntungan menanam tomat secara hidroponik adalah memudahkan dalam pemeliharaan, lebih mudah mengontrol hama yang menyerang, serta tidak memerlukan tenaga kerja yang terlalu banyak.

Di negara maju, pohon tomat sering dijadikan suvenir acara karena bentuknya yang indah dan memiliki banyak manfaat. Tomat yang sering dijadikan suvenir adalah tomat ceri yang berukuran mini.

Loading...
Loading...