Keuntungan Menjadi Petani Kota

Pertanianku — Apa yang terbesit di pikiran Anda ketika mendengar kata petani, mungkin gambaran yang keluar adalah topi caping, hamparan sawah, dan cangkul. Saat ini semua orang bisa menjadi petani, tidak peduli apa latar belakang pendidikan, yang terpenting bagaimana semangat Anda untuk belajar dan sukses di dunia pertanian. Belum lagi saat ini sudah banyak sistem bertanam yang bisa diterapkan di perkotaan. Oleh karena itu, muncul istilah petani kota.

petani kota
foto: pixabay

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat menjadi petani kota, kegiatan positif yang bisa mendatangkan keuntungan jika Anda rajin untuk menekuni seluruh proses, mulai dari pembenihan hingga cara pemasaran yang tepat. Hal ini karena semua proses tersebut saling bertaut satu sama lain. Berikut ini manfaat jadi petani kota yang bisa Anda rasakan.

Mendulang keuntungan

Sudah jelas tujuan akhir dari bertanam sayuran adalah hasil panen yang berlimpah. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sayuran yang dihasilkan. Namun, untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda harus kreatif dalam memasarkan hasil panen serta tidak mudah menyerah.  Keuntungan yang didapatkan tidak selalu berupa materi. Anda bisa mendapatkan banyak ilmu, relasi, pengalaman, dan tubuh yang sehat karena aktivitas fisik selama proses bertani.

Kreativitas terlatih

Saat ini banyak sektor yang membutuhkan orang kreatif, termasuk di dunia pertanian. Saat Anda mulai bertanam, sisi kreativitas Anda akan terus terlatih untuk menangani sayuran-sayuran yang ditanam. Kreativitas tersebut terlatih akibat kendala dan hambatan yang sering kali dihadapi saat proses menanam. Pasalnya, proses menanam tidak selalu berjalan lancar, di pertengahan jalan pasti Anda menemui hambatan, seperti hama, tumbuhan kerdil, dan cara pemasaran yang tepat.

Waktu terbuang dengan hal yang bermanfaat

Baca Juga:  Hama Tanaman Cabai yang Wajib Diwaspadai Saat Musim Hujan

Terkadang banyak orang yang bingung bagaimana caranya memanfaatkan waktu yang begitu luang. Kegiatan bertanam bisa menjadi solusi untuk Anda yang memiliki waktu yang sangat lapang. Anda hanya membutuhkan tempat kecil untuk mencoba menanam pakai wadah pot, polibag, atau wadah bekas. Dengan menanam, Anda menjadi lebih sibuk untuk mempelajari bagaimana caranya menanam.

Relasi komunitas

Komunitas menjadi tempat yang baik untuk menambah informasi seputar menanam sayuran. Saat ini ada banyak komunitas petani kota yang sudah terbentuk, Anda bisa mendapatkan relasi serta ilmu yang bermanfaat dari para anggota yang sudah lebih dahulu mencobanya.

Kesehatan jiwa dan raga

Selama proses menanam, Anda akan melakukan berbagai aktivitas fisik yang membuat tubuh terus bergerak. Tentunya, hal ini sangat baik untuk kesehatan Anda. Belum lagi, Anda harus bangun pagi untuk menyiram tanaman karena tanaman harus disiram pagi dan sore, tidak boleh pada siang hari. Hal ini membuat Anda lebih sering terkena matahari pagi yang baik bagi tubuh.

Selain itu, kegiatan menanam bisa menjadi media yang baik untuk melepaskan beban pikiran serta memberikan sensasi bahagia ketika Anda bisa memanen sayuran dari hasil jerih payah.

 

 

 

 

 

 


loading...