Keuntungan Pakan Ayam yang Terbuat dari Ekstrak Buah Nanas

Pertanianku— Siapa yang tak kenal nanas, buah berwarna kuning yang mengandung banyak air. Nanas terkenal dengan kesegarannya sehingga sering dikonsumsi, baik secara langsung maupun diolah menjadi rujak buah. Tahukah Anda, nanas sebenarnya juga bermanfaat sebagai pakan ayam. Pakan ayam yang menggunakan campuran ekstrak buah nanas terbukti dapat membuat daging ayam yang dihasilkan berkualitas.

pakan ayam
foto: Pertanianku

Pakan ayam ini juga dapat membuat kotoran yang dihasilkan cenderung lebih kering bila dibandingkan dengan kotoran dari ayam yang diberikan pakan lain. Tak hanya kering, kotoran tersebut tidak menimbulkan bau.

Angka efisiensi pakan (EP) ayam-ayam yang mengonsumsi pakan ekstrak nanas mencapai 73. Sementara itu, ayam yang tidak mengonsumsi pakan ekstrak nanas memiliki nilai EP hanya 70. Nilai EP merupakan pakan yang dikonsumsi ayam untuk diubah menjadi bagian tubuh-tubuh ayam, seperti daging. Semakin tinggi nilai EP, semakin sedikit makanan yang terbuang menjadi hal-hal yang tidak membentuk tubuh ayam seperti energi.

Inovasi pakan ayam dengan kandungan ekstrak nanas lahir karena adanya penurunan performa ayam pedaging. Penurunan disebabkan oleh penerapan pangan nonantibiotik dan perangsang pertumbuhan (AGP) oleh pemerintah sejak 2018.

Agar performa ayam tetap terjaga meski tanpa AGP, peternak perlu menambahkan bahan-bahan lain seperti probiotik dan jamu-jamuan agar sistem metabolisme ayam pedaging lebih prima. Beberapa penelitian menunjukkan ekstrak nanas membuat usus ayam mengabsorpsi nutrisi lebih baik.

Ekstrak nanas mengandung enzim protease bromelin, vitamin C, vitamin B1, potassium, dan mangan. Protease ekstrak buah nanas berpotensi sebagai antiperadangan sehingga dapat menurunkan tingkat stres, meningkatkan nafsu makan, dan memberikan ketahanan tubuh. Dampak dari keunggulan tersebut adalah penurunan rasio konversi pakan atau FCR.

Baca Juga:  Keunggulan Domba Suffas untuk Hewan Kurban

Kelebihan lain ekstrak nanas ialah memiliki kadar vitamin C yang tinggi sebagai antioksidan dan menunjang imunitas tubuh. Ekstrak buah ini juga mengandung betakaroten dan serat. Betakaroten tersebut dapat memengaruhi warna dan memperbaiki kualitas daging, sedangkan kandungan serat bermanfaat meningkatkan kinerja pencernaan unggas.