Keuntungan Penggunaan Mulsa Plastik Hitam Perak pada Kebun Cabai

Pertanianku— Saat ini sudah banyak petani cabai yang menggunakan varietas hibrida karena dinilai lebih mudah panen. Penanaman cabai hibrida lebih disarankan menggunakan mulsa plastik hitam perak (MPHP). Pemasangan mulsa ini memiliki banyak fungsi yang bisa menguntungkan petani cabai.

mulsa plastik hitam perak
Foto: Dok. Pertanianku

Penanaman cabai yang dilakukan secara konvensional dianggap kurang efisien dan tidak ekonomis serta produktivitas tanaman pun terbilang kecil. Gulma yang tumbuh lebat di daerah penanaman cabai harus dihilangkan karena bisa menjadi kompetitor bagi tanaman cabai untuk memperoleh hara dalam tanah. Untuk menghilangkannya, Anda perlu membayar tenaga kerja tambahan dan biaya pestisida yang bisa membuat bengkak anggaran biaya produksi.

Mulsa plastik hitam perak bisa berfungsi untuk menekan pertumbuhan gulma yang mengganggu pertumbuhan tanaman cabai. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan seperti membayar tenaga kerja dan biaya pestisida. MPHP yang digunakan pada kebun cabai juga berfungsi untuk menekan serangan hama dan penyakit yang berpotensi menyerang pohon cabai, kerugian pun bisa diminimalisir.

Loading...

Ada beberapa jenis cabai yang sangat disarankan menggunakan MPHP, di antaranya cabai rawit, cabai keriting, cabai merah besar, dan paprika. Mulsa bisa digunakan untuk penanaman yang dilakukan di dalam greenhouse ataupun di area terbuka.

Masih banyak keuntungan penggunaan mulsa yang bisa memudahkan Anda selama proses perawatan tanaman. Berikut ini beberapa keuntungan penggunaan mulsa plastik hitam perak pada kebun cabai.

  1. Pemberian pupuk dapat dilakukan sekaligus semuanya sebelum dipasang mulsa.
  2. Warna hitam dari mulsa dapat menekan angka pertumbuhan gulma seperti rumput liar.
  3. Warna perak pada mulsa bisa memantulkan sinar matahari sehingga dapat mengurangi serangan hama aphis, trips, dan tungau, serta menurunkan risiko penyakit yang disebabkan virus.
  4. Menjaga tanah tetap gembur, suhu, dan kelembapan tanah untuk tetap stabil.
  5. Mencegah luruhnya pupuk oleh air hujan dan penguapan unsur hara karena sinar matahari.
  6. Buah cabai yang berada di dekat permukaan tanah terhindar dari percikan air tanah sehingga dapat melindungi buah dari penyakit busuk buah.
  7. Kesuburan tanah dapat dipertahankan.
  8. Pada musim panas, MPHP dapat menekan angka penguapan air dari dalam tanah sehingga cadangan air di tanah dapat terjaga.
Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Hama dan Penyakit Pohon Jambu Air Madu Deli

 

 

 

Loading...
Loading...