Keuntungan Ternak Ayam Buras Secara Intensif

Pertanianku— Sejak dahulu, ayam buras terkenal sebagai ayam penghasil daging. Namun, berbeda dengan ayam ras, ayam buras lebih sering diternak dengan cara tradisional dan ekstensif. Padahal, ternak ayam buras secara intensif cukup berpotensial untuk memberikan keuntungan yang lebih menjanjikan. Pemeliharaan secara intensif dilakukan di dalam kandang sehingga ayam akan berada di dalam kandang secara terus-menerus.

ternak ayam buras
foto: Pertanianku

Dalam budidaya ayam buras secara intensif, ada beberapa hal pokok yang perlu Anda perhatikan, di antaranya seleksi dan pengadaan bibit, pemeliharaan dan pengelolaan reproduksi, perkandangan dan peralatan, pemberian pakan berkualitas, penanganan kesehatan, serta penanganan hasil. Cara ini dapat memberikan banyak keuntungan berikut.

Produktivitas meningkat

Produktivitas ayam yang diternak secara intensif cenderung meningkat terus-menerus karena cara ini dapat mengubah ayam buras menjadi ayam pedaging yang produktif. Mengandangkan ayam dapat membuat energi ayam tidak terlalu banyak terbuang untuk bergerak mencari makan. Energi yang berasal dari makanan dapat digunakan untuk proses metabolisme tubuh dalam membentuk karkas atau daging.

Pada sistem ini ayam mendapatkan pakan secara terkontrol. Dengan begitu, pertumbuhan ayam dapat meningkat lebih baik.

Kesehatan lebih terjamin

Ayam yang dikandangkan akan selalu dipantau perkembangannya sehingga kesehatan ayam dapat lebih terjamin. Apabila ada serangan hama dan penyakit, peternak akan sigap menanganinya lebih dini sebelum hama dan penyakit semakin merajalela.

Memudahkan peliharaan

Sistem pengandangan ayam dapat memudahkan peternak untuk melakukan seluruh pekerjaannya, mulai dari memberikan pakan dan minum, membersihkan kandang, hingga melakukan pengawasan terhadap ayam yang sakit.

Pekerjaan yang terorganisir lebih baik dapat menekan tenaga kerja sehingga mampu menekan ongkos produksi.

Memudahkan proses seleksi bibit

Ternak secara intensif juga dapat memudahkan proses seleksi bibit sehingga bibit yang diperoleh lebih baik.

Baca Juga:  Selain Pakan, Ini yang Memengaruhi Kualitas Susu Kambing

Meningkatkan pendapatan

Meskipun modal yang dibutuhkan lebih besar dari cara ternak lainnya, ternak ayam buras secara intensif dapat meningkatkan pendapatan peternak karena hasil yang didapat lebih tinggi dan terjamin.