Khasiat Ajaib Daun Pepaya yang Terkenal Pahit

Pertanianku — Sudah bukan rahasia lagi jika daun pepaya dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Selain itu, daun pepaya juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak heran, masyarakat Indonesia sering menggunakan khasiat daun pepaya dalam obat atau jamu tradisional.

khasiat daun pepaya
foto: Pixabay

Pepaya atau Carica papaya L. berasal dari Meksiko bagian selatan, Amerika Selatan bagian utara. Saat ini buah pepaya sudah tersebar di seluruh daerah tropis, termasuk Indonesia. Tanaman buah ini terbilang sangat mudah tumbuh di Indonesia dan buahnya dimanfaatkan sebagai buah konsumsi.

Daun tanaman pepaya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuk daunnya sangat khas sehingga Anda pasti bisa mengenalinya dengan baik. Ketika sudah diolah, daun akan berubah warna menjadi hijau tua dengan tekstur yang tidak jauh berbeda dengan daun singkong.

Daun pepaya memiliki rasa yang pahit. Oleh karena itu, banyak orang yang kurang menyukainya, apalagi jika tidak diolah dengan benar. Namun, di balik rasa pahit tersebut, sebenarnya daun ini berguna bagi kaum wanita untuk mengatasi rasa sakit saat haid.

Selain rasa nyeri saat haid, daun pepaya yang dihaluskan, direbus, dan diminum berkhasiat untuk mengatasi beragam gangguan kewanitaan, seperti keputihan, demam akibat nifas, haid tidak teratur, dan melancarkan ASI.

Daun yang terasa pahit ini juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan, melancarkan pencernaan, mengobati jerawat, dan mengobati demam. Beberapa penelitian telah menyebutkan daun pepaya berkhasiat sebagai antikanker.

Salah satu riset yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Florida mengungkapkan bahwa daun pepaya bisa digunakan utnuk melawan sel kanker seperti payudara, serviks, hati, paru-paru, dan pankreas. Kandungan sitokin di dalam daun dianggap ampuh untuk melawan sel kanker.

Baca Juga:  Waktu Tanam yang Baik untuk Menanam Kedelai

Daun pepaya mengandung senyawa alkaloid carpaine, papain, flavonoid, saponin, violaksantin, tannin, dan caricaksantin. Selain itu, daun juga mengandung enzim papain, nikotin, miosmin, pseudokarpin, kontinin, dan karpain. Kombinasi dari seluruh kandungan tersebut dapat melemahkan virus DBD karena jumlah trombosit di dalam tubuh meningkat. Dengan begitu, daun pepaya bisa memulihkan kondisi tubuh pasien DBD.