Khasiat Ajaib Virgin Coconut Oil (VCO)

Pertanianku Virgin coconut oil (VCO) diketahui memiliki banyak khasiat, seperti menurunkan kadar kolesterol penyebab hipertensi dan bekerja sebagai antivirus. VCO dapat menghancurkan virus yang terlindungi lapisan lemak. VCO dapat dikonsumsi oleh ibu hamil yang mengalami hipertensi dan dapat menjadi solusi mencegah kematian janin akibat hipertensi serta mencegah bayi terlahir cacat. Berikut ini khasiat VCO yang perlu Anda ketahui.

virgin coconut oil
foto: Pixabay

Hipertensi

Hipertensi dapat disebabkan oleh faktor keturunan dan lingkungan, seperti stres, konsumsi garam berlebihan, kegemukan, minum alkohol, dan pola hidup yang tidak sehat.

Penyebabnya memang berbeda-beda pada tiap individu, salah satunya asupan garam yang berlebihan. Garam-garam tersebut akan mengendap di dinding pembuluh darah. Saat kadarnya terus bertambah banyak, pembuluh darah akan mudah terangsang untuk konstraksi atau menyempit. Penyempitan tersebut dapat mengakibatkan aliran darah meninggi.

VCO banyak mengandung asam lemak jenuh rantai sedang yang mudah dicerna dan diserap dibanding asam lemak jenuh rantai panjang. Lantaran mudah dan cepat terbakar, asam lemak jenuh rantai sedang dapat menghasilkan energi tanpa menghasilkan ester dengan kolesterol.

Antimikroba

VCO mengandung asam lemak trigliserida yang merupakan asam lemak jenuh rantai sedang. Ketika dikonsumsi, trigliserida akan mudah pecah menjadi monogliserida, digliserida, dan asam lemak bebas. Monogliserida dan asam lemak bebas inilah yang berperan sebagai antimikroba.

Monogliserida terdiri atas monolaurate bersama asam laurat. Kandungan tersebut ampuh untuk membunuh berbagai bakteri, termasuk Chlamydia pneumoniae.

Hasil penelitian Kabara menunjukkan, asam lemak jenuh rantai sedang memiliki aktivasi yang signifikan terhadap bakteri gram-positif, tetapi tidak terhadap bakteri gram-negatif.

Antivirus

Kandungan asam lemak jenuh rantai sedang juga dapat bertindak sebagai antivirus karena dapat menghancurkan membran lemak virus. Bentuk membran asam lemak jenuh lebih kecil, aktif bergerak, dan mampu menekan membran virus sehingga mudah menmpel dan diserap oleh zat jahat. Di dalam virus, membran asam lemak akan terbuka dan menumpahkan seluruh isinya. Dengan begitu, virus akan mudah hancur dari dalam. Kandungan VCO yang paling bagus sebagai antivirus adalah asam laurat.

Baca Juga:  Kunci Keberhasilan Perkecambahan Benih Kopi