Khasiat Akar Tanaman Sukun


Pertanianku – Akar sukun mengandung beberapa senyawa, seperti cycloartocarpin,artocarpin, chaplashin, morusin, cudraflavone B, cycloartobiloxanthone,  artonin, cudraflavone C, dan artobiloxanthone. Kesembilan senyawa itu berkhasiat antibakteri penyebab tuberculosis Mycobacterium tuberculosis. Nilai MIC (Minimum Inhibitory Concentration) senyawa itu 3,12—100 μg/ml. Angka MIC menunjukkan pada rentang konsentrasiitu kesembilan senyawa tersebut efektif membunuh Mycobacterium tuberculosis. Artocarpin  dan chaplashin memiliki angka MIC paling rendah yakni 3,12 μg/ml. Semakin rendah angka MIC, semakin baik daya hambatnya.

Akar Tanaman Sukun

Dari kesembilan senyawa itu, delapan di antaranya juga diketahuimemiliki aktivitas antiplasmodial, yaitu mampu menghalau parasit penyebab malaria Plasm odium falciparum. Nilai IC50 3,5 μg/ml yang berarti pada konsentrasi itu mampu menghambat separuh aktivitas Plasmodium falciparum. Senyawa-senyawa itu juga mampu menangkal sel kanker epidermis dan payudara dengan nilai IC50 2,9—14,7 μg/ml.

Akar sukun banyak digunakan oleh para herbalis untuk mengobati penyakit kulit, seperti koreng. Caranya potong kecil akar sukun, lalu goreng bersama bawang merah yang telah dibakar menggunakan minyak kelapa di atas pembakaran kayu. Saat proses penggorengan berlangsung akan muncul buih. Buih hangat itulah yang kemudian dioleskan pada kulit yang terinfeksi. Akar sukun mengandung antibiotik sehingga mampu menghalau luka akibat infeksi bakteri dan jamur.

 

Sumber: Buku Daun Ajaib

 

Baca Juga:  5 Makanan yang Ampuh Sebagai Pembersih Usus Besar