Khasiat Bayam dalam Mengatasi Darah Rendah


Pertanianku – Menjaga tekanan darah sangatlah penting. Jika terlalu rendah, darah tidak dapat memberikan suplai oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh dengan baik. Begitu juga jika tekanan darah terlalu tinggi, bisa merobek pembuluh darah kemudian menyebabkan perdarahan di otak atau yang biasa kita kenal dengan stroke.

Bayam Dapat Mengatasi Darah Rendah

Hipotensi dapat meyerang siapa saja. Hipotensi terjadi akibat kondisi darah seseorang kurang mengandung vitamin dan zat besi. Cara mengobati tekanan darah rendah secara tradisional bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi serta obat herbal alami. Salah satu bahan makanan bergizi adalah bayam. Sayuran hijau ini kaya akan mineral yang penting untuk menjaga kondisi darah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita hipotensi.

Salah satu khasiat bayam adalah dapat mengontrol kondisi kesehatan darah. Sayuran ini rendah lemak dan rendah kolesterol. Tanaman bayam tinggi akan mineral niasin dan seng, protein, serat, vitamin A, C, E, dan K, thiamin, vitamin B6, folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga, dan mangan. Berikut cara mengolah bayam sebagai obat herbal alami.

Bahan yang perlukan ialah satu  ikat daun bayam segar, 10 gram gula aren, lima gram asam kawak, lima gram bawang merah, 10 gram lada, 15 gram cabai, 7 gram garam dapur. Cuci bayam hingga bersih, lalu masukkan ke dalam wadah berisi air. Rebus beberapa saat jangan terlalu matang. Angkat, lalu tiriskan. Campur semua bahan kecuali bayam. Haluskan bayam seperti sambal. Makanlah bayam yang telah dihaluskan tersebut. Jika suka, Anda bisa memakannya dengan nasi.

Baca Juga:  Percantik Pekarangan Anda dengan Tanaman Sayur Ini